Kapal Pemancing di Kolaka Terbalik, Basarnas Cari 3 Korban

Petugas Basarnas saat melakukan pencarian korban. Foto: ist

12/06/2022 80

LABRITA.ID - Kapal pemancing warga Desa Ngapa, Kecamatan Baula, Kabupaten Kolaka, Sulawesi Tenggara dilaporkan mengalami kecelakaan laut pada Sabtu (11/6/2022) sekitar pukul 18.30 Wita.

Kapal yang muat pemancing bernama Jufri (50 tahun), Tamrin (50), dan Akbar (13) tersebut dilaporkan terbalik akibat dihantam gelombang di sekitar Perairan Pulau Lemo, Kabupaten Kolaka, Sulawesi Tenggara.

Peristiwa nahas tersebut dialami ketiganya sekitar pukul 18.30 Wita saat hendak kembali dari memancing. Saat itu perahu yang mereka ditumpangi saat hendak pulang dihantam oleh gelombang dan terbalik.

Pusat Komunikasi Kantor Pencarian dan Pertolongan (KPP) atau Basarnas Kendari yang menerima informasi dari keluarga korban sekitar 21.40 Wita langsung bergerak ke lokasi dengan jarak 7,9 NM.

"Berdasarkan laporan tersebut, pada pukul 22.00 Wita Tim Rescue Pos SAR Kolaka diberangkatkan menuju lokasi kejadian untuk memberikan bantuan," terang Humas Basarnas Kendari, Wahyudi dalam keterangan tertulisnya pada Minggu (12/6/2022).

Tim Rescue Pos SAR Kolaka yang tiba pukul 23.37 Wita di lokasi kejadian langsung melakukan pencarian.

Pada pukul 00.30 Wita ketiga korban berhasil ditemukan dalam keadaan selamat di pesisir Pulau Lemo sekitar 0,47 NM arah barat dari perkiraan lokasi kecelakaan.

"Selanjutnya korban dievakuasi dan tiba di pelabuhan syahbandar pukul 03.35 Wita," terang Wahyudi.

Dengan ditemukannya ketiga korban dan telah dikembalikan kepada pihak keluarga dalam keadaan selamat,ol operasi ditutup dan dinyatakan selesai.(il-02)