Para Pemain Liverpool yang Berhasil Dipoles Klopp

Para pemain Liverpool. (Foto: beinsports)

27/01/2019 531

LABRITA.ID - Klopp bergabung menjadi pelatih Liverpool, setelah Brendan Rodgers dipecat di pertengahan kompetisi 2016/2017. Klopp melakukan perubahan perlahan, tetapi dengan arah yang jelas. Klopp tetap mengandalkan rock and roll football. Klopp menyebutnya dengan nama gegenpressing.

Baca: Tantangan Klopp dan Guardiola di Sisa EPL 2019


Pemain harus menyesuaikan diri dengan sistem baru dengan intensitas tinggi. Transisi menyerang-bertahan-menyerang harus dipahami dengan baik bila ingin menjadi pemain utama pilihan Klopp.
Berikut tiga pemain yang meningkat level permainannya setelah dilatih oleh Klopp di Liverpool.

1. Roberto Firmino
Pemain asal Brazil ini gagal masuk starting line up di era Brendan Rodgers. Di tangan Klopp, Firmino diubah dari gelandang serang menjadi striker atau lebih tepatnya false nine. Bakat Firmino sebagai eksekutor serangan sekaligus marking yang efektif merupakan nilai lebih yang jarang dimiliki banyak striker.

Kelincahan gaya Brazil dengan disiplin khas Jerman menjadi ciri utama Firminho. Mantan pemain Honfenheim ini menjadi orang pertama yang melakukan tugas pertahanan. Bobby panggilan akrab Firminho adalah penyerang yang secara terus menerus melakukan counter pressing terhadap pemain belakang lawan. Menurut mantan pemain Liverpool, Jamie Carragher, Firminho adalah pemain terpenting dalam sistem permainan Klopp di Liverpool.

Baca: Gaya Klopp Menyentuh Liverpool

2. Trent Alexander Arnold
Di awal kompetisi 2017/2018, Nathaniel Clyne cedera parah. Trent bangkit dari bangku cadangan dan menunjukkan bakat yang dimilikinya. Sejak saat itu, pemain berusia 20 tahun ini menjadi bek kanan utama Liverpool dan berangkat bersama Inggris ke Piala Dunia 2018 yang lalu.

Selain lincah dan memiliki umpan yang terukur, Trent juga ahli mengeksekusi tendangan bebas. Pemain dari akademi Liverpool ini juga berani melakukan akselerasi memasuki kotak penalti lawan dan melakukan tendangan langsung. Tidak banyak bek yang memiliki kemampuan seperti Trent.

3. Mohammad Salah
Pemain asal Mesir ini menggemparkan dunia sepak bola ketika bersaing dalam jumlah gol yang dicetak pada musim 2017/2018. Salah yang mencetak 44 gol, hanya kalah oleh Lionel Messi yang berhasil merebut sepatu emas Eropa dengan 45 gol.

Keunggulan utama Salah adalah kecepatan dan akselerasinya. Klopp mendorong Salah untuk berada dalam barisan terdepan dalam serangan. Kerjasamanya yang sangat padu dengan Firminho dan Sadio Mane membuat Liverpool mampu masuk final Liga Champion Eropa. Bergerak dari sayap kanan, Salah sangat cair dan dapat mencetak gol dari berbagai sisi lapangan. Pada musim 2018/2019 ini, Salah telah mencetak 16 gol dan 8 assist di EPL sampai pekan ke 23.

4. Andy Robertson
Robbo, panggilan Robertson, msrupakan pemain berbakat. Klopp yang melihat potensi pemain asal Skotlandia ini lalu menariknya dari Hull City dengan £8 juta. Robbo dibentuk Klopp tidak hanya menjadi pemain yang kuat berlari, tetapi juga meningkatkan kemampuannya bertahan.

Musim 2018/2019, Raheem Sterling 2 kali menghadapi pemegang ban kapten timnas ini dan 2 kali gagal memberikan kontribusi sepanjang pertandingan. Pujian Mourinho terhadap Robertson membuktikan pengakuan dari manajer top lawan.

”Robertson berlari sepanjang pertandingan membuatku letih melihatnya,” kata Mou. |zal/*