Seorang Nelayan Hilang di Perairan Wakatobi, Basarnas Lakukan Pencarian

Basarnas melakukan pencarian nelayan yang hilang di perairan Wakatobi. Foto: Basarnas

13/06/2022 199

LABRITA.ID - Seorang nelayan bernama Lita  (39 tahun) dilaporkan hilang di sekitar Perairan Mola, Kabupaten Wakatobi, Sulawesi Tenggara pada Minggu, 12 Juni 2022.

Korban diketahui pada pukul 05.00 Wita dengan menggunakan kapalnya tersebut berangkat dari Desa Mola, Wanci, Wakatobi menuju Desa Sama Bahari, Kaledupa.

Warga Desa Sama Bahari, Kaledupa, Wakatobi tersebut diduga hilang setelah kapal yang digunakannya ditemukan terbalik di tengah laut.

"Pada pukul 08.05 Wita seorang nelayan asal Desa Mola Sama Bahari yang pulang dari melaut, saat melintas melihat longboat milik korban yang hanyut," terang Humas Kantor Pencarian dan Pertolongan (KPP) atau Basarnas Kendari, Wahyudi. 

"Korban tidak terlihat dalam longboat dan posisi longboat pada saat itu sudah setengah berisikan air laut," sambung Wahyudi dalam keterangan tertulis pada Minggu, 12 Juni 2022.

Pusat Komunikasi KPP atau Basarnas Kendari yang menerima informasi dari Bapak Gamis selaku Kepala Desa Mola Sama Bahari pada 11.25 Wita langsung melakukan tindakan.

"Berdasarkan laporan tersebut, pada pukul 11.45 Wita, Tim Rescue Pos SAR Wakatobi diberangkatkan menuju lokasi untuk memberikan bantuan SAR," terang Wahyudi.

Tim Rescue Pos SAR Wakatobi menempuh jarak sekitar 19 NM dengan kondisi hujan ringan dan tinggi gelombang 2-4 meter.

"Pada pukul 12.38 Wita Tim Rescue Pos SAR Wakatobi tiba di lokasi dan selanjutnya melakukan penyisiran," terang Wahyudi.

Hingga memasuki pukul 17. 30 wlWita, Tim SAR gabungan menghentikan sementara pencarian dengan hasil nihil. Rencananya pencarian akan dilanjutkan kembali esok harinya.

Turut terlibat dalam pencarian dari unsur TNI AL Wanci, Polair Wanci, nelayan sekitar, dan keluarga korban.