Seorang Pria Paruh Baya Hilang Berburu dalam Hutan di Buton Tengah, Ditemukan Lemas Setelah 4 Hari Dicari

Tim SAR melakukan pencarian dalam hutan di Buton Tengah. Foto: Basarnas Kendari.

11/10/2021 186

LABRITA.ID - Jaruddin (55) dilaporkan hilang oleh keluarganya setelah tak kembali ke rumah saat masuk hutan Kumalano, Kabupaten Buton Tengah, Sulawesi Tenggara untuk berburu ayam.

Korban diketahui berangkat dari rumahnya di Kecamatan Mawasangka pada 5 Oktober 2021, pukul 03.00 Wita dan belum kembali dari dalam hutan sampai pukul 18.00 Wita.

Setelah dicari hingga 8 Oktober 2021 dan tak kunjung ditemukan, malam harinya pihak keluarga korban lalu melaporkan kehilangan tersebut kepada Basarnas setempat.

"Berdasarkan laporan tersebut, pada pukul 21.20 Wita Tim Rescue Unit Siaga SAR Raha diberangkatkan menuju lokasi kejadian untuk memberikan bantuan," terang pihak Basarnas dalam keterangan tertulisnya.

Setelah menempuh jarak 114 km, Tim Basarnas Raha pada 9 Oktober 2021 langsung melakukan koordinasi dengan sejumlah pihak dan mulai membagi regu untuk melakukan pencarian mulai pukul 07.00 Wit.

Pada pukul 14.15 Wita, Tim SAR gabungan akhirnya menemukan korban dalam keadaan selamat dengan posisi terbaring lemas di dalam hutan berjarak 800 meter dari lokasi kejadian.

Korban lalu dievakuasi ke Puskesmas Wakambangura, Kecamatan Mawasangka, Kabupaten Buton Tengah sekitar pukul 16.10 Wita untuk mendapat penanganan lebih lanjut. 

Dalam pencarian ini, selain Tim SAR, juga terlibat aparat kepolisian, TNI, mahasiswa pecinta alam, keluarga korban, dan warga desa setempat.