Tiga Syarat Ciptakan Keluarga Tangguh

19/12/2017 2130

LABRITA.ID - Orang tua mempunyai tugas mendidik dan melindungi anak dari berbagai pengaruh lingkungan yang buruk. Namun, sebagai orang tua memang tidak mungkin mengawasi anak selama  24 jam.

Untuk itu, hal penting yang perlu dimiliki dalam keluarga untuk menghindarkan anak adalah memperkuat interaksi dan kepercayaan terhadap seluruh anggota keluarga.

Dikutip labrita.id dari kompas.com, dikatakan Evangeline Suaidy, psikolog dari Yayasan Kita dan Buah Hati, interaksi keluarga dan kepercayaan satu sama lain akan membantu menciptakan keluarga yang tangguh.

Ia mengatakan ada beberapa syarat yang harus dipenuhi untuk menciptakan keluarga tangguh, sehingga membantu perkembangan positif dalam diri anak.

Pertama, syarat psikologis dengan membangun suasana rumah yang nyaman, interaksi yang harmonis, dan sikap saling menghargai antaranggota keluarga. 

"Hal ini akan memengaruhi sisi psikologis anak juga. Jika mereka merasa nyaman dengan keluarganya, dan nyaman berada di rumah, maka mereka tidak akan mencari pelarian ke hal buruk," jelasnya.

Namun tak bisa dipungkiri, konflik pun kerap muncul dalam keluarga. Untuk mengatasi emosi yang berlebihan, ada baiknya sesama anggota keluarga juga belajar untuk menyalurkan emosi yang positif dan menyelesaikannya dengan kepala dingin.

Kedua, syarat fisik dengan memenuhi kebutuhan jasmani anak. Ketika menuntut anak untuk bisa berprestasi dan tumbuh jadi aktif, juga harus didukung dengan memenuhi semua kebutuhan fisiknya, seperti makan dan minum. Paling penting adalah memenuhi semua kecukupan gizi yang sesuai dengan usia anak.

Ketiga, syarat perilaku yang berkaitan dengan isu di sekitarnya yang sedang tren. Sebab isu demikian dapat memengaruhi perilaku anak-anak. Orang tua harus memerhatikan isu yang sedang marak agar bisa mencegah perilaku negatif anak sedini mungkin. (rd-01)

Tidak Ada Tag