15 Puskemas Buka Layanan Vaksinasi Tiga Kali Seminggu

Masyarakat saat mengikuti vaksinasi di Dinas Kesehatan Kota Kendari.

30/10/2021 224

LABRITA.ID - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Kendari kembali membuka pelayanan vaksinasi bagi masyarakat. Tidak hanya di Kantor Dinkes sendiri melainkan juga di 15 puskesmas yang tersebar di Kota Kendari. 

Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit, Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Kendari, Samsul Bahri mengatakan Dinkes membuka dua posko untuk vaksinasi. 

"Di Dinkes ada dua posko. Di 15 puskesmas, Senin,  Rabu dan Jumat," cetusnya. 

Katanya,  untuk di puskesmas, pihaknya memberikan pilihan kepada masyarakat untuk penggunaan salah satu vaksin ini.

"Sekarang kita kasih pilihan masyarakat mau vaksin Sinovac boleh Modena boleh. Tapi Moderna hanya khusus umur 18 keatas kalau Sinovac 12 tahun keatas," cetusnya. 

Samsul pun berharap, masyarakat betul-betul memanfaatkan kesempatan bantuan vaksin yang diberikan oleh pemerintah.

"Disampaikan kepada masyarakat, ini kesempatan yang bagus. Pemerintah memberikan kita bantuan, tidak kasih membayar kita karena untuk meningkatkan herd immunity (kekebalan kelompok). Jadi harapan kita mari, Dinas Kesehatan, Puskesmas, Polisi, TNI menyediakan vaksinasi. Dinas Kesehatan Sinovac dan Moderna siap, kita punya vaksin banyak. Masyarakat kita siapkan 540 vial khusus Moderna. Silahkan datang, kita buka mulai umum 12 tahun keatas," beber Samsul.

Ia menjelaskan, penggunaan vaksinasi membuat kekebalan antibodi menjadi terbentuk sehingga mampu menangkal virus Corona.

"Alhamdulillah ada karena antibodi sudah mulai terbentuk. Jadi kalau ada dia ketemu orang yang gejala, mungkin saja dia terpapar tapi dia tidak akan menimbulkan gejala. Jadi daya tahan tubuhnya sudah bagus," cetusnya.

Sebagai informasi, bagi remaja usia 12 hingga 17 tahun keatas agar didampingi orang tua saat mengikuti vaksinasi dan membawa kartu keluarga. Pendaftaran bisa seacra online melalui www.ayovaksindinkeskdi.id.

Tidak Ada Tag