Bahas Banjir, DPRD Sultra Duduk Bersama BWS Sulawesi IV

Komisi III DPRD Sultra (kiri) Saat Rapat Bersama BWS Sulawesi IV

15/01/2020 106

LABRITA.ID - Merujuk pada peristiwa banjir besar di beberapa wilayah Sulawesi Tenggara yang kerap terjadi belakangan ini, Komisi III DPRD Sulawesi Tenggara menggelar rapar koordinasi dengan Balai Wilayah Sungai (BWS) Sulawesi IV, Senin (13/1/2020).

Dalam rapat tersebut, Komisi III DPRD Sultra ingin mendengarkan sejauh mana antisipasi banjir yang dilakukan BWS Sulawesi IV di wilayah sungai. Sebab menurut dewan wilayah bantaran sungai kerap menjadi langganan banjir.

"Beberapa wilayah kita di Sultra dilalui sungai, beberapa lokasi yang dilalui sungai ini kerap menjadi langganan banjir. Kami ingin mengetahui seperti apa progres dan program dari BWS Sulawesi IV sendiri agar bisa kami sinkronkan dengan program kami," terang Ketua Komisi III DPRD Sultra, Suwandi Andi dalam sambutannya.

Pihak BWS Sulawesi IV sendiri menjelaskan sejumlah progres dan program yang telah dan akan mereka lakukan sesuai tupoksi mereka.

Pembuatan tanggul dan waduk menjadi program BWS Sulawesi IV untuk beberapa daerah bantaran sungai untuk mengantisipasi banjir. Selain itu, pihak BWS Sulawesi IV juga membutuhkan  sejumlah tempat agar warganya direlokasi memuluskan program penanganan banjir tersebut.

Terkait permasalahan ini, Komisi III DPRD Sultra berjanji bakal melakukan koordinasi dengan pihak terkait mengenai relokasi dan pembebasan lahan yang bakal digunakan menjadi tanggul dan waduk.

Laporan: Ornalis