Buka Rakorbang 2021, Wali Kota Kendari Ingatkan Sejumlah Hal

19/10/2021 196

LABRITA.ID - Wali Kota Kendari, Sulkarnain Kadir membuka Rapat Koordinasi Pembangunan (Rakorbang) Kota Kendari tahun 2021 di salah satu hotel dalam Kota Kendari pada Selasa (19/10/2021).

Wali Kota Sulkarnain Kadir mengatakan, dalam melakukan pembangunan seluruh OPD harus berpikir panjang meskipun tetap mengacu pada visi dan misi Kota Kendari tahun 2017-2022.

Menurutnya, pembangunan mesti berkelanjutan sehingga harus ada keterkaitan. Untukitu, ia mengingatkan terkait pembangunan yang dilakukan saat ini merupakan kelanjutan pemerintahan sebelumnya.

"Cara pandang kita, mindset kita betul-betul utuh melihat proses pembangunan itu, tidak kemudian memandang secara parsial karena kalau tersekat-sekat kita akan lihat ada sisa-sisa pembangunan yang tidak dilakukan dan mubazir, ini yang tidak kita inginkan," ungkapnya.

Wali Kota Kendari juga mengingatkan kembali jika ada pelajaran yang bisa diambil dengan terjadinya pandemi Covid-19. Di antaranya, kemampuan siapapun dalam pandemi ini termasuk pemerintah ditentukan oleh kemampuan beradaptasi merespon kondisi sekitar.

Melalui Rakorbang ini, Wali Kota Sulkarnain meminta semua OPD mencari titik temu bagaimana bisa melakukan perencanaan yang telah disusun secara konsisten, tetapi bisa menyesuaikan atau responsif terhadap kondisi yang terjadi.

Pasang Siska Karina Imran ini menambahkan hal lain yang harus menjadi perhatian ialah tetap mengutamakan tertib administrasi sebab ini juga menjadi ukuran dalam menjalankan pemerintahan yang baik.

"Saya tetap ingin mengingatkan pada seluruh kita bahwa tetap tertib prosedur dan administrasi pemerintahan karena ini adalah pelindung dan pengaman kita jika nantinya kita harus pertanggungjawabkan," tuturnya.

Sedangkan Wakil Wali Kota Kendari Siska Karina Imran meminta semua OPD bersama-sama bahu membahu dalam melakukan pembangunan hingga Pemerintahan Kota Kendari periode 2017-2022 selesai Oktober 2022.

"Saya minta kita semua tetap solid karena saya dan pak wali kota sama agar setelah masa jabatan kami selesai semua bisa berjalan baik dan berkesan positif," harapnya.

Sementara Kepala Bappeda Kota Kendari Ridwansyah Taridala menjelaskan, dari 28 OPD yang dinilai terkait klaster capaian Indikator Kinerja Utama (IKU) 10 OPD diantaranya memiliki nilainya sangat rendah, 2 OPD rendah, 11 OPD tinggi, 23 OPD sangat tinggi.

Dia berharap OPD yang memiliki nilai sangat rendah dan rendah bisa terus melakukan perbaikan utamanya dalam sisa masa jabatan periode 2017-2022.

Rakorbang ini diikuti seluruh kepala OPD, Kepala Bagian, camat dan lurah se kota Kendari, serta sejumlah Tenaga Ahli Wali Kota Kendari yang hadir secara daring.

Tidak Ada Tag