Cara Generasi Muda Buton Maknai Hari Pahlawan

Kelompok Sadar Wisata Dadi Mangura Keraton Molagina Saat Ziarah ke Makam Leluhur.

14/11/2019 56

LABRITA.ID - Momentum hari Pahlawan 10 November 2019 dimanfaatkan Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Dadi Mangura Keraton Molagina dengan melakukan aksi pekangkilo (bersih-bersih) sekaligus berziarah ke makam Sultan Murhum dan Sultan Himayatuddin Muhammad Saidi (Oputa Yi Koo).

Koordinator kegiatan, Arim Zani mengungkapkan kegiatan semacam ini memang telah menjadi agenda rutin dalam pokdarwis. Kali ini karena momentnya bertepatan dengan hari pahlawan maka kali ini tepat untuk berziarah ke makam para leluhur.

Sekretaris Pokdarwis,Neon Sarifuddin menambahkan bahwa hari pahlawan tahun ini menjadi moment penting, sebab beberapa hari yang lalu Sultan Himayatuddin Muhammad Saidi (Oputa Yi Koo) telah dianugerahi gelar pahlawan nasional.

Ketua Pokdarwis Dadi Mangura Keraton Molagina mengungkapkan kegiatan yang mereka laksanakan telah direncanakan sejak beberapa minggu sebelumnya.

"Alhamdulillah Sulawesi Tenggara khususnya Buton telah mempunyai pahlawan nasional RI yaitu Sultan Himayatuddin Muhammad Saidi atau lebih dikenal dengan Oputa Yi Koo. Harapannya semangat perjuangan beliau dapat menjelma dalam jiwa generasi muda saat ini untuk membangun daerah," katanya, Minggu (10/11/2019).
 
Laporan: Ornalis