Cegah Penyebaran Covid-19, Objek Wisata Keraton Buton Disemprot Disinfektan

Penyemprotan Disinfektan Terhadap Sejumlah Titik di Objek Wisata Keraton Buton

12/05/2020 139

LABRITA.ID - Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Dadi Mangura Keraton Baubau melakukan penyemprotan disinfektan di beberapa objek vital kawasan wisata Benteng Keraton Buton, Minggu (10/5/2020).

Baca Juga: Covid-19 Sultra: PDP Asal Konawe Meninggal Dunia, Hasil Tes Swab Belum Keluar

Penyemprotan yang dilakukan bersama RT 01/ RW 01 Kelurahan Melai ini dilakukan sebagai upaya pencegahan penyebaran Covid-19 di wilayah objek wisata Benteng Keraton Buton.

"Kami lakukan penyemprotan di beberapa titik di keraton ini karena dilihat masih ada juga beberapa orang yang datang untuk berwisata di sini. Padahal sebenarnya kawasan benteng ini sudah ditutup sementara untuk wisata," terang Ketua Pokdarwis Dadi Mangura Keraton Baubau, Muhammad Asrul Salam.

Baca Juga: Antisipasi Penyebaran Covid-19, GP Ansor Berharap Pemkot Baubau Pertimbangkan PSBB

Selain objek wisata, penyemprotan juga dilakukan terhadap sejumlah titik di Kantor Kelurahan Melai yang berada dalam lokasi benteng. Hal ini dilakukan karena tempat tersebut menjadi pusat pelayanan publik di kelurahan dan setiap hari banyak orang yang datang.

Pihak Pokdarwis juga melakukan edukasi terhadap beberapa masyarakat yang kebetulan berada di lokasi benteng terkait Covid-19.

Ketua RT 01/ RW 01 Kelurahan Melai, Neon Syarifuddin menyambut baik kegiatan tersebut. "Semua ini dalam rangka untuk melakukan pencegahan terhadap virus corona yang semakin masif," katanya.

Baca Juga: Rerata Masa Inkubasi Corona di Indonesia 5 Sampai 6 Hari​​​​​​​

Kota Baubau sendiri hingga 11 Mei 2020 tercatat 5 pasien positif Covid-19. Selain itu terdapat 1 Pasien dalam Pemantauan (PDP). Lalu 15 Orang dalam Pemantauan (ODP) dan 125 Orang Tanpa Gejala (OTG).

Laporan: Ornalis