Dampak Positif Vaksin Bagi Masyarakat Kota Kendari

Gambar Ilustarsi pelaksanaan vaksinasi : https://www.kendarikota.go.id/berita/dinkes-kota-kendari-laksanakan-vaksinasi-massal/

22/10/2021 221

Oleh    : Maharaja

Peserta Lomba Jurnalistik dari SMPN 10 Kendari


LABRITA.ID - Pada saat ini Kota Kendari menghadapi pandemi covid 19 terutama pada dunia pendidikan. Hal ini merupakan tantangan besar bagi guru dan siswa karena dalam kondisi daring guru dituntut untuk bisa mengolah, mendesain media pelajaran pembelajaran sedangkan siswa dituntut untuk mengerjakan tugas dari berbagai mata pelajaran dan akibatnya banyak siswa yang mengeluh dan tidak bersemangat lagi dalam mengerjakan tugas.

Pada saat ini ada kebijakan baru dari pemerintah yaitu vaksin covid 19 bagi masyarakat dan pelajar yang berumur 12 tahun ke atas. Masyarakat Kota Kendari merespon baik dengan adanya vaksin covid 19 ini. Dalam hal ini Pemerintah menyiapkan banyak dosis vaksin bagi masyarakat dan pelajar yang berkeinginan untuk vaksin.

 

Manfaat vaksin bagi tubuh kita yaitu pertama mencegah gejala berat saat terkena virus Corona dan perlu diingat orang yang telah divaksin belum tentu tubuhnya 100% kebal dari virus. Kedua melindungi orang lain ketika kita sudah vaksin dan tidak terkena virus serta tidak menyebarkan ke orang lain. Ketiga menahan atau menghentikan penyebaran covid 19.

 

Hampir semua sekolah kecuali Sekolah Dasar di kota Kendari melaksanakan kegiatan vaksinasi contoh yang melaksanakan vaksinasi yaitu SMP Negeri 10 Kendari dimana siswa-siswinya sangat berantusias dan bersemangat mengikuti vaksinasi di sekolahnya.

 

Dengan adanya vaksin ini sekolah di Kendari dibuka untuk pelaksanaan tatap muka secara terbatas dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat dan ini pun membuat siswa berantusias untuk mengikuti PTMT secara terbatas.

 

Dengan adanya vaksin ini, penyebaran covid-19 di kota Kendari telah menurun. Hal ini membuat kota Kendari hampir bebas dari Covid 19. Tempat- tempat wisata juga telah dibuka dengan menerapkan protokol kesehatan dengan adanya vaksinasi massal ini maka aktivitas di Kota Kendari bisa berjalan dengan normal.

 

Tetapi kita harus ingat sebelum kita melaksanakan aktivitas jangan lupa melakukan 3M .  menggunakan masker, menjaga jarak dan mencuci tangan. Hal ini harus diterapkan setiap hari secara kontinyu .Dengan hal ini Kendari dapat bangkit dari pandemik Covid-19 jika masyarakat kota Kendari sadar dan mematuhi protokol kesehatan

Di balik semua ini kita harus mengambil hikmahnya bukan berarti kita sudah divaksin kita tidak perlu menerapkan 3 M. Ternyata tidak, kita tetap harus menerapkan 3M secara ketat agar terhindar terhindar dari virus covid 19.

 

Kita harus mengingat untuk menerapkan dan menyampaikan kepada orang lain atau teman disekitar kita bahwa kita harus menerapkan 3M secara ketat dan jangan longgar kan dengan hal ini kita dapat melindungi diri dan melindungi orang lain. 

 

 

Tidak Ada Tag