Konten Maker, Pekerjaan yang Dapat Kamu Pilih di Zaman Now

ilustrasi (Foto: google/Labrita.id)

28/01/2018 370

Perkembangan informasi dan teknologi internet saat ini tak dapat dibendung lagi. Ditambah dengan hadirnya perkembangan smartphone yang setiap hari terus update. Hal ini membuat lahirnya beberapa jenis pekerjaan baru yang di zaman sebelumnya tak ada.

Salah satu dari sekian banyak pekerjaan di "zaman now" yang hadir adalah jasa konten maker. Pekerjaan ini bisa digeluti oleh siapa pun yang mempunyai kemampuan dalam membuat konten. Konten dapat berupa dalam bentuk tulisan, gambar, suara ataupun video. Biasanya pengguna jasa konten maker adalah mereka yang punya jenis usaha tapi tidak tahu atau tidak ingin repot dalam membuat konten. Untuk itu pelaku usaha tersebut menyewa atau meng-hire freelance yang bisa membuatkan konten untuk mereka.

Selanjutnya konten tersebut mereka gunakan untuk promosi di dunia online. Dunia online yang biasa digunakan misalkan sosial media, website, dan youtube. Bagi anda yang tertarik melakoni profesi konten maker setidaknya memiliki satu dari beberapa skill berikut.

1. Dapat menulis
Dengan memiliki kemampuan menulis anda bisa menawarkan diri ke para pelaku usaha untuk membuatkan artikel tentang produk mereka, review tentang jenis usaha mereka atau hal-hal lain dalam bentuk tulisan. Biasanya upahnya dihitung per kata. 

2. Pandai Image Editing
Mau berbasis vektor atau bitmap, setidaknya dengan menguasai satu atau beberapa software desain grafis seperti photoshop dan coreldraw, anda sudah dapat menawarkan diri menjadi konten maker dalam hal menyediakan gambar-gambar yang 'ciamik' kepada orang / instansi / pelaku usaha. Pembayarannya biasanya dihitung tergantung kerumitan gambar yang hendak dibuat.

3. Cakap Video Editing
Untuk masuk ke dunia ini, setidaknya anda menguasai cara pemakaian software-sofware editing seperti adobe premiere, adobe after effect dan software-software video editing lainnya. Anda bisa mulai menawarkan paket pembuatan video teaser, trailer, profil video, film pendek atau film dokumentasi yang selanjutnya akan digunakan oleh orang yang menggunakan jasa anda. Biasanya harga yang dapat anda pasang tergantung kerumitan dan durasi video yang akan dibuat.

4. Mampu Sound Editing
Nah untuk jasa konten maker yang terakhir ini, anda wajib juga setidaknya memiliki jiwa seorang seniman dalam hal suara (musik). Dengan begitu saat anda membuat sound-sound yang nanti akan digunakan oleh orang yang menyewa jasa anda, mereka akan puas. Mulailah belajar aplikasi-aplikasi editing suara seperti soundbooth untuk menggeluti pekerjaan seperti ini.