Empat Bahan Berbahaya Kosmetik Ilegal yang Dapat Sebabkan Kanker

Ilustrasi

13/05/2019 723

LABRITA.ID - Iming-iming harga murah dan hasil yang cepat terkadang membuat orang mudah membeli kosmetik ilegal. Padahal banyak bahaya mengintai dari bahan pembuatan kosmetik tersebut.

Menurut Kepala Informasi dan Komunikasi BPOM Sultra, Hasnah Nur, bahan berbahaya yang terdapat dalam kosmetik jika digunakan secara terus menerus akan menjadi penyakit bagi tubuh. Bahan berbahaya semacam ini, seringkali ditemukan dalam campuran kosmetik ilegal.

Baca Juga: Masyarakat Diharap Selektif Memilih Obat dan Makanan

"Banyak zat berbahaya yang ditemukan pada kosmetik (ilegal), misalnya Merkuri yang merupakan golongan logam berat  yang berbahaya dan bersifat racun bagi tubuh. Biasanya banyak digunakan pada  kosmetik pemutih kulit, " terangnya kepada Labrita.Id,Rabu (24/4/2019).

Bahan lain yang ditemukan yakni jenis pewarna seperti Rhodamin B yang mestinya digunakan pada tekstil. Namun,  bahan ini banyak digunakan pada perias wajah seperti eyeshadow, lipstik, dan blush on.

"Bahan ini efeknya menyebabkan kanker kulit dan kanker hati," jelas Hasnah.

Selain itu, ada juga Hudrokinon yang seharusnya hanya boleh dipakai untuk kuku. Akan tetapi banyak digunaka sebagai pencerah kulit.

"Ini menyebabkan kulit kehitaman setelah pemakaian 6 bulan serta menimbulkan kelainan ginjal," katanya.

Baca Juga: Cara Mengetahui Kosmetik Ilegal atau Bukan

Bahan lain yang juga sering ditemukan yakni zat asam retinoat. Zat ini termasuk dalam golongan obat keras sehingga untuk penggunannya harus dengan resep dokter.

"Tapi zat ini banyak ditemukan untuk pengelupas kulit. Efeknya bisa menyebabkan cacat pada janin dan kulit terkelupas secara berlebihan," ungkapnya.

Laporan: Ana Pratiwi