Enam Pesan Menteri Agama Pada Hari Amal Bakti Kemenag

Gubernur Sulawesi Tenggara, Ali Mazi Saat Hari Amal Bakti Kemenag. (Foto: Humas Pemkot Kendari/Labrita.Id)

07/01/2020 81

LABRITA.ID - Dalam sambutannya pada acara peringatan Hari Amal Bakti Kementerian Agama Republik Indonesia yang dibacakan langsung Gubernur Sulawesi Tenggara (Sultra) Ali Mazi, di Kantor Kementerian Agama Sultra, Jumat (03/01/2020), Menteri Agama, Fachrul Razi mengajak jajarannya di seluruh Indonesia agar memperhatikan enam hal dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

Pertama, pahami sejarah kementerian agama serta regulasi, tugas dan fungsi kementerian ini dalam konteks regulasi agama dan negara.

Kedua, jaga idealisme, kejujuran, integritas, dan budaya kerja kementerian agama di tengah arus kehidupan yang serba materialistis.

"Selaraskan antara kata dengan perbuatan. Sesuaikan tindakan dengan sumpah jabatan," pesannya.

Ketiga, tanamkan selalu bahwa bekerja adalah ibadah, dan melayani masyarakat adalah sebuah kemuliaan.

Keempat, perkuat ekosistem pembangunan bidang agama antar sektor dan antar pemangku kepentingan, baik sesama institusi pemerintah, tokoh agama, organisasi keagamaan, dan segenap elemen masyarakat.

Kelima, rangkul semua golongan dan potensi umat dalam semangat kebersamaan, kerukunan, persatuan, dan moderasi beragama yang sejalan sesuai dengan falsafah pancasila yang mempersatukan anak bangsa walau berbeda ras, etnik, keyakinan agama, dan golongan.

Keenam, implementasikan visi dan misi pemerintah ke dalam program kerja kementerian agama di semua unit kerja pusat, daerah, dan perguruan tinggi keagamaan.

"Enam poin ini jika kita kerjakan dengan penuh kesadaran maka akan memperkuat hubungan antara negara dan agama," tutup Ali Mazi saat membacakan sambutan Menteri Agama RI.

Laporan: La Ato
Ali Mazi saat membacakan sambutan Menteri Agama RI. (Foto: Humas Pemkot/Labrita.Id).