Kegiatan Pariwisata di Sultra Didorong Memiliki Standarisasi

Dinas Pariwisata Provinsi Sulawesi Tenggara (Dispar Prov Sultra) mendorong pengelolaan kegiatan kepariwisataan yang berkualitas. Foto: Labrita.Id

23/06/2022 33

LABRITA.ID - Dinas Pariwisata Provinsi Sulawesi Tenggara (Dispar Prov Sultra) mendorong pengelolaan kegiatan kepariwisataan yang berkualitas. Salah satu upaya yang dilakukan Dinas Pariwisata Sultra dengan menggelar Workshop Kewirausahaan dan Pemberdayaan Sektor Ekonomi Kreatif.

Kepala Dinas Pariwisata Sultra, H. Belli mengatakan, kegiatan yang digelar selama dua hari dengan melibatkan 50 pelaku ekonomi kreatif di Kota Kendari ini dalam rangka mendukung perluasan pasar produk ekraf.

"Selama ini kita lakukan event dari kita dan untuk kita. Hanya kita saja yang menikmati. Belum kita buat orang lain dari luar bisa ikut menikmati. Kita tidak mendesain orang luar dari sultra datang melihat event kita," kata H. Belli usai membuka kegiatan pada Jumat (10/6/2022).

"Makanya kita dorong teman-teman para pelaku ekraf untuk punya standar dalam membuat kegiatan. Jadi ada semacam good quality event," sambung H. Belli di salah satu hotel Kota Kendari.

Menurut H. Belli, dengan mendorong para pelaku ekonomi kreatif dalam memanajemen kegiatan sesuai standar yang diinginkan.

"Dengan good quality event sehingga orang mau hadir dan tidak bosan sebagai pengunjung sehingga penyelenggara kegiatan juga tidak rugi," kata H. Belli.

Ia berharap dengan model demikian, secara bertahap pengelolaan kegiatan pariwisata di Sultra dapat meningkat dan terstandarisasi.

Melalui hasil pelatihan ini juga, ia berharap dapat mendukung pengembangan kegiatan pariwisata prioritas yang ada di Sultra.

"Kita berharap SDM komunitas yang menggerakkan ekonomi kreatif mampu membuat event yang dapat mendukung promosi pariwisata prioritas di Sultra, sehingga semakin memantapkan gerak langkah kita bersama mengembangkan pariwisata di Sultra," tandas H. Belli. (il-02)