Kota Kendari Yang Asri, Nyaman dan Layak Huni

Gambar Ilustrasi Kota Kendari : https://metrokendari.id/mengenal-profil-kota-kendari-ibu-kota-sulawesi-tenggara/

19/10/2021 205

Oleh Salma Aulia Sidu

Peserta Lomba dari Siswi SMPN 10 Kendari


LABRITA.ID - Berdasarkan literatur yang saya baca menunjukan bahwa keberadaan Kota Kendari ditandai dengan berdirinya Istana “Raja Suku Tolaki”  yang bernama “ TOBAKU”  pada Tanggal 9 Mei 1831 yang terletak disekitar pelabuhan Kendari oleh Vasmaer yang berkebangsaan Belanda. Oleh karena itu setiap Tanggal  9 Mei pada saat itu dan sampai sekarang diperingati sebagai hari jadi Kota Kendari.

Sejak Kota Kendari ditetapkan sebagai Kota Madya  yang dipimpin oleh seorang Wali Kota terus berbenah, tumbuh dan berkembang menjadi kota yang maju, Asri dan layak Huni oleh kita semua. Status dan posisi kota Kendari sebagai  kota tertua  dan terletak di ibukota Propinsi Sulawesi Tenggara tentu untuk menjadi kota yang maju, asri dan layak huni sangatlah mungkin. Melalui tangan-tangan dingin para pemimpin mulai dari status sebagai kota administrasi sampai dengan Kota Madya terus tumbuh dan berkembang mensejajarkan dirinya dengan kota-kota lain di Indonesia. Kota Kendari sebagai Ibu Kota Provinsi tentu memiliki peluang untuk menjadi kota yang maju, Asri dan Layak  Huni.  

Berdasarkan pengamatan saya, Kota Kendari saat ini adalah merupakan kota yang laju pembangunannya sangat cepat. Gedung-gedung pemerintahan terus berbenah menjadi gedung yang megah dan berfasilitas mumpuni, Pusat-pusat perekonomian yang ditandai dengan berdirinya mall dan Rumah Toko (Ruko) berdiri megah sepanjang jalan protokol mulai dari kota lama sampai dengan wilayah perkantoran Gubernur, taman hijau dan hutan kota ditata dengan rapi, lokasi wisata dibangun secara massif. Bukan hanya itu pembangunan rumah-rumah warga juga berkembang sangat cepat dengan berbagai model yang indah, megah dan asri.  Tidak sampai disitu,  pemerintah juga  terus menata dan membangun jalan  yang dulunya satu jalur menjadi dua jalur yang membuat warganya semakin nyaman dalam melakukan aktivitas.  

Kota Kendari sebagai kota yang berada di ibu Kota Provinsi, semakin nyaman dan manarik untuk  dikujungi, baik oleh masyarakat  kota disekitarnya maupun masyarakat diluar Provinsi Sulawesi Tenggara. Terdapat beberapa daya tarik yang menyebabkan masyarakat berkujung ke Kota Kendari adalah  selain penataan kota yang asri dengan hutan kotanya, juga karena  keberadaan Tugu Religi, Masjid Al Alam [Masjid Terapung] , Jembatan Kuning dan Jembatan Teluk kendari.   Selain itu Kota Kendari juga mengembangkan destinasi wisata alam seperti Pantai Nambo dan Kebun Raya .Sehingga masyarakat dapat berkunjung dengan nyaman dan menikmati keindahan destinasi wisata yang terdapat di kota Kendari.

Selain penataan kota yang asri dan hijau, kota kendari juga  memiliki makanan khas  yang menjadi salah satu daya tarik untuk dikujungi dan dicicpi. Salah satu makanan khas kota kendari adalah sinonggi. Sinonggi adalah kuliner khas kendari yang terbuat dari pati sari sagu yang diolah dengan rempah-rempah cita rasanya gurih dan segar. Makanan  khas selanjutnya adalah ikan dole yang merupakan makanan tradisional yang terbuat dari bahan dasar ikan tenggiri yang ditambah dengan parutan kelapa muda yang memiliki rasa yang gurih dan unik. Kota Kendari adalah kota Kendariku dan Kendari Kita semua teruslah maju agar Kendari menjadi kota yang  nyaman dan layak huni bagi kita semua. KendariKu Maju  pasti rakyat sejahtera, Rakyat sejahtera pasti Kendariku Maju, itu semua pasti bisa karena bersama rakyat .

 

Tidak Ada Tag