LAT Sultra Berharap Bangunan di Kendari Berbentuk Rumah Adat Tolaki

Penyerahan Kalosara dari Ketua DPP LAT Sultra kepada Ketua DPD LAT Kota Kendari

15/09/2020 129

LABRITA.ID - Ketua Umum Dewan Pengurus Pusat Lembaga Adat Tolaki (DPP LAT) Sulawesi Tenggara, Masyhur Masie Abunawas, menyampaikan keinginanannya kepada Wali Kota Kendari, Sulkarnain Kadir agar bangunan-bangunan di Kendari memiliki arsitektur berbentuk rumah adat Tolaki. 

Mantan Wali Kota Kendari dua periode ini mengemukakan alasannya karena yang pertama kali mendiami Kendari adalah orang-orang Tolaki.

"Saya tidak mengatakan bahwa orang Tolaki telah mendominasi, tapi kita adalah yang pertama kali mendiami kota ini sejak masuknya Belanda di masa lalu," ucapnya.

Keinginan tersebut disampaikan Masyhur Masie Abunawas saat memberikan sambutan di acara pengukuhan Dewan Pengurus Daerah (DPD) LAT Kota Kendari, Sabtu (12/09/2020).

Selain itu, dia juga meminta kepada wali kota agar menjadikan LAT Kendari sebagai mitra kerja dalam mewujudkan pembangunan.

"Saya pikir banyak hal yang bisa disinergikan, terutama dalam membangun Kota Kendari lebih maju dan modern di masa yang akan datang," ujarnya.

Terakhir dia berpesan agar pemerintah Kota Kendari bisa memperhatikan LAT Kendari agar ke depan bisa terjalin kerja sama yang erat.

"Jika masih ada gedung-gedung yang tidak difungsikan di Kendari, kiranya bisa diberikan kepada LAT Kendari sebagai sekretariat," harapnya.

Sulkarnain pun menanggapi permintaan DPP LAT Sultra tersebut. 
 
"Atas nama pemerintah kota, kami sangat membuka ruang diskusi, mari kita bicarakan, kita musyawarahkan bersama sehingga pada akhirnya nanti bisa kita wujudkan dan menjadi kebanggaan masyarakat Kota Kendari," katanya. (to-03).