Nakhodai KONI Sultra Periode 2022-2026, Alvian Ajak Semua Pihak Bersinergi

Alvian Taufan Putra saat memberikan sambutan usai terpilih jadi Ketua KONI Sultra.

30/03/2022 123

LABRITA.ID - Putra Gubernur Sulawesi Tenggara (Sultra), Alvian Taufan Putra resmi memimpin Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Provinsi Sultra untuk masa bhakti 2022-2026 setelah terpilih dalam Musyawarah Olahraga Provinsi Luar Biasa (Musorprovlub) pada Selasa, 29 Maret 2022.

Musorprov Luar Biasa ini merupakan instrumen organisasi KONI Sultra untuk memperoleh pucuk pimpinan yang akan duduk sebagai Ketua KONI Sultra definitif. 

Sebagaimana diketahui, kurang lebih 8 bulan terakhir ini
jabatan Ketua KONI Sultra dijalankan oleh pelaksana tugas, sejak wafatnya Ketua KONI Sultra Periode 2019-2023 (Alm) Agista Ariany Bombay pada pertengahan bulan Juli 2021 lalu.

Setelah Alvian mendaftarkan diri sebagai calon dan didukung oleh seluruh Pengurus Provinsi (Pengprov) Cabang Olahraga  (Cabor) serta seluruh Anggota KONI Kabupaten/Kota se-Sultrase-Sultra, selanjutnya Tim Penjaringan menerima berkas pendaftar tunggal dan dinyatakan memenuhi syarat lalu ditetapkan sebagai Ketua Umum KONI terpilih. 

Langkah Alvian memantapkan diri menuju Ketua KONI Sultra, setelah beberapa waktu sebelumnya, sejumlah 38 cabor bersatupadu bersama 13 perwakilan Pengurus Cabang KONI se-Sultra menyatakan sikap untuk mendukungnya.

Ketigabelas KONI tersebut, merupakan perwakilan dari KONI Buton Utara, Wakatobi, Muna, Konawe Utara, Buton, Kota Baubau, Buton Tengah, Kota Kendari, Muna Barat, Konawe Selatan, Kolaka, Buton Selatan, Kolaka Timur. 

Dalam sambutannya, Alvian mengajak segenap insan olahraga yang tergabung dalam induk olaraganya masing-masing, untuk menggelorakan semangat olahraga di Bumi Anoa. 

Alvian menyadari, menciptakan atlet atlet  berprestasi tidak semudah membalikkan telapak tangan, karena didepan terbentang tantangan yang mengharuskan segenap pengurus untuk bergandeng tangan. 

"Sinergitas dengan para pemangku kepentingan khususnya pengurus cabang olahraga, para pelatih, pemerintah daerah dan pelaku dunia usaha adalah hal yang mutlak untuk dijalin," Kata Alvian. 

Kendati demikian, meski dirinya sebagai putra orang nomor satu di Sultra, namun mengambil pucuk pimpinan KONI Sultra merupakan dorongan dari  beberapa induk organisasi cabor yang ada di Sultra. 

"Saya bersedia mengemban amanah Ketua, semata mata merasa tertegun mendengarkan perjuangan atlit atlit berprestasi di sultra yang terkadang minim dukungan dari beberapa pihak," Ungkap Alvian. 

Di tempat terpisah, Suwandi Andi yang juga pengurus KONI Sultra, menilai kalau Alvian Taufan Putra memiliki kapasitas dan kemampuan yang mumpuni untuk memimpin KONI Sultra empat tahun kedepan, apalagi saat ini juga menjabat sebagai wakil ketua umum I KONI Sultra.

“Sosok Alvian sangat pas menjadi ketua KONI Sultra. Apalagi saat ini dirinya menjabat sebagai ketua harian e-sport Sultra, salah satu pimpinan cabor IMI, pengProv PBSI dan wakil ketua umum KONI Sultra,” bebernya.

Ditengah banyak pihak yang meragukan Alvian, ia pernah ditugaskan menjadi delegasi exebisi (friendly macth) e-sport di PON XX Papua tahun 2021 lalu, dan berhasil merebut medali emas pada lomba Free Fire (FF). 

"Bahkan diawal hadirnya e-sport, sosok Alvian sukses menyelenggarakan kejuaraan regional pertama kalinya di Sultra," pungkas Suwandi. 

Sementara itu, Alvian menyampaikan apresiasi kepada semua Pengprov Cabor dan KONI daerah yang telah memberikan dukungan  untuk memimpin KONI Sultra empat tahun ke depan. 


Laporan: Novrizal R Topa