Pemkot Kendari Gelar Lomba Pungut Sampah di Laut

Peserta Lomba Pungut Sampah. Foto: Humas Pemkot Kendari

10/06/2021 47

LABRITA.ID - memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia (HLHS) yang jatuh pada 5 Juni, Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) Kota Kendari menggelar lomba memungut sampah dalam laut di Kelurahan Petoaha, Kecamatan Abeli pada Kamis (10/6/2021).

"Berbicara tentang kebersihan lingkungan hidup, bisa kita lakukan dengan membersihkan lingkungan rumah ataupun pemilahan sampah. Ini kita lakukan agar bisa menghadirkan lingkungan yang bersih," kata Ketua TP PKK Kendari, Sri Lestari saat membuka kegiatan.

Sekretaris Kota Kendari, Nahwa Umar yang juga hadir mengatakan, dengan adanya kegiatan ini warga diedukasi untuk menjaga lingkungan, terutama yang berada di pinggiran laut.

"Jangan buang sampah di laut, tapi buang di tempat yang sudah disediakan. Bahkan kalau ada sampah terapung di laut harus kita ambil," kata Nahwa.

Kepala DLHK Kendari, Nismawati mengatakan, menjaga lingkungan bukan hanya tugas pemerintah, tapi juga semua masyarakat mesti terlibat, termasuk camat dan lurah selaku perpanjangan tangan pemerintah kota di kecamatan dan kelurahan.

Selain lomba memungut sampah di laut, peringatan HLHS ini juga dirangkaikan dengan penanaman ratusan pohon di wilayah Bungkutoko.