Pemkot Kendari Luncurkan Program Gemari

Ketgam: Kadis Kesehatan Saat Memberikan Sambutan di Acara Gemari. ( Foto: La Ato/Labrita.Id).

01/12/2019 13

LABRITA.ID - Pemerintah Kota Kendari melalui Dinas Kesehatan Kota Meluncurkan Gemar Makan Ikan (Gemari) di Taman Kantor Wali Kota Kendari, Kamis (28/11/2019).

Kegiatan yang diikuti para siswa SD/MI se Kota Kendari ini merupakan salah satu bentuk pendidikan gizi terhadap masyarakat, terutama lingkungan sekolah agar dapat mentransformasi manfaat konsumsi ikan kepada siswa secara berkesinambungan.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Kendari, Rahminingrum Pujirahayu, menyampaikan bahwa riset di Indonesia tahun 2018 menunjukan 30,8% atau sekitar tujuh juta anak balita mengalami stunting. Indonesia menjadi negara urutan kelima dunia yang warga negaranya banyak menderita stunting.

"Balita-balita yang mengalami stunting akan memiliki tingkat kecerdasan yang tidak maksimal dan akan menjadi anak yang lebih rentan terhadap berbagai penyakit. Hal ini akan menurunkan tingkat produktivitas di masa depan," terang Rahminingrum.

Menurutnya, intervensi yang paling menentukan untuk dapat mengurangi prevalensi stunting adalah perlu dilakukan pada 100 hari pertama kehidupan dari anak balita. 

"Hal ini menjadi penentu tingkat pertumbuhan fisik, kecerdasan, dan produktivitas seseorang di masa depan," kata Rahminingrum.

Stunting juga menurutnya adalah suatu kejadian kronis yang tidak serta merta jika mengonsumsi ikan langsung menjadi tinggi dan taknya berkembang serta langsung menjadi pintar.

Ia berharap dengan program Gemar Makan Ikan ini, para siswa bisa menyampaikan kepada orang tuanya tentang pentingnya mengonsumsi banyak ikan yang banyak mengandung gizi.

"Dengan mengonsumsi ikan, kesehatan kita akan terjaga," tutup Rahminingrum.

Kegiatan Gemari ini juga dirangkaikan dengan pencanangan PKK-KKBBK-Kesehatan tingkat Kota Kendari tahun 2019.

 

Laporan: La Ato

Tidak Ada Tag