Perlunya Pendidikan Politik di Kalangan Muda

Muhammad Asrul Salam, S. Pd. (Foto: Istimewa/Labrita.Id)

14/04/2019 114

Muhammad Asrul Salam, S.Pd.
Ketua Umum Karang Taruna Kecamatan Murhum

LABRITA.ID - Pemilu salah satu topik yang dibahas dalam sarasehan kegiatan pembangunan di Kecamatan Murhum yang dilaksanakan oleh Dinas Komunikasi dan Informasi Kota Baubau. Mengapa Pemilu? Mungkin jawabannya adalah Pemilihan Umum atau bahasa gaulnya disebut Pemilu dalam beberapa bulan terakhir ini menjadi trend topic, atau viral.

Pemilu selalu menjadi perbincangan hangat diseluruh kalangan masyarakat, mulai dari kalangan generasi muda maupun kalangan generasi tua. Perbincangan hangat tentang Pemilu ini tidak mengenal tempat, entah di kantor, pangkalan ojek, deker, pos ronda, pasar, dan tempat-tempat yang lain. Mungkin inilah salah satu latar belakang mengapa Pemilu menjadi tema yang pas dibahas dalam sarasehan yang dilaksanakan pada Selasa 19 Maret 2019, di Aula Kantor Kelurahan Tanganapada ini.

Dalam kegiatan tersebut Dinas Kominfo Kota Baubau menghadirkan pemateri dari pihak penyelenggara Pemilu dalam hal ini dihadiri oleh Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Baubau, Bapak Edi Sabara yang membawakan materi dengan judul sosialisasi dan pendidikan pemilih berbasis keluarga. Dalam pemaparannya Ketua KPU Kota Baubau menjelaskan dasar hukum pelaksanaan Pemilu, mengajak partisipasi pemilih dalam Pemilu nantinya, berbicara tentang Daftar Pemilih Tetap (DPT), teknis pelaksanaan pada saat pemungutan suara nantinya, serta tidak lupa juga memberi penjelasan tentang warna surat suara yang akan digunakan saat pemungutan suara nantinya.

Ketua Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kota Baubau, Ibu Waode Frida Vivi Oktavia, S.H, dalam materinya lebih memberikan pemahaman terkait hal-hal apa yang diperbolehkan dan tidak diperbolehkan dalam Pemilu. Seperti dalam tahapan kampanye yang sedang berjalan saat ini. Misalnya, Money Politic keterlibatan ASN, dan hal-hal lain yang diatur dalam peraturan perundang-undangan.

Pemateri dari pemerintah, yaitu mantan Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi Kota Baubau, Bapak H. Idrus Taufiq Saidi, S.Kom., M.Si, dengan judul materinya media dan Pemilu. Lebih memaparkan pada maraknya berita Hoax yang beredar sekarang ini. Sehingga mengimbau kepada masyarakat agar lebih cermat dalam memilih dan memilah berita/informasi-informasi yang beredar saat ini. Terlebih saat ini arus teknologi yang semakin massif perkembangannya. Semuanya sudah online.

Mereview sedikit kegiatan yang dibuka langsung oleh Camat Murhum, Sitti Munawar, S.STP.,M.Si. dan melibatkan tokoh masyarkat se Kecamatan Murhum, tokoh wanita se Kecamatan Murhum, organisasi kepemudaan dalam hal ini KarangTaruna, Kecamatan Murhum, dan kalangan masyarakat se Kecamatan Murhum ini, penulis beranggapan bahwa Dinas Kominfo Kota Baubau dapat melihat fenomena yang marak menjadi perbincangan saat ini untuk didesain sedemikian rupa menjadi sebuah kegiatan yang sangat bernilai positif.

Karang Taruna Kecamatan Murhum sebagai lembaga kepemudaan di tingkat Kecamatan Murhum sangat mengapresiasi kegiatan sarasehan seperti ini. Penulis beranggapan bahwa generasi muda memang sudah sepantasnya ikut terlibat dalam kegiatan-kegiatan seperti ini.

Terlebih menurut penulis jika melihat kondisi hari ini, bahwa Pemilu yang jatuh pada tanggal 17 April 2019 nanti akan banyak pemilih yang berasal dari kalangan generasi muda. Oleh sebab itu, peran aktif generasi muda sangat diperlukan demi mendapatkan informasi serta pemahaman yang utuh terkait Pemilu itu sendiri. Karena tidak jarang pemuda terutama para pemilih pemula masih kurang pemahamannya terkait Pemilu ini.

Terlebih Pemilu Tahun 2019 ini adalah pemilihan yang berbeda dengan Pemilu pada tahun sebelumnya. Bahwa kalau Pemilu sebelumnya hanya terdapat 4 surat suara yang dicoblos, maka sekarang bertambah menjadi 5 surat suara yaitu untuk surat suara untuk Pasangan Calon Presiden dan Wakil Presiden RI, surat suara untuk Calon Anggota DPR RI, surat suara untuk Calon Anggota DPD RI, surat suara untuk Calon Anggota DPRD Provinsi, dan surat suara untuk Calon anggota DPRD Kabupaten/Kota. Sehingga sangatlah tepat kiranya pemateri yang dihadirkan panitia dalam hal ini Dinas Kominfo untuk menambah informasi dan pemahaman kita terkait Kepemiluan terutama bagi para generasi muda.

Penulis beranggapan bahwa hal-hal yang terkait dengan Pemilu ini harus gencar dilaksanakan terlebih waktu yang sudah semakin dekat ini. Mungkin kegiatan-kegiatan relawan sangat diperlukan dalam mengektifkan tersebarnya pemahaman yang utuh terkait Kepemiluan itu sendiri. Selain relawan dibutuhkan juga kesadaran diri sendiri untuk berperan aktif dalam mensosialisasikan serta mengawal dan mengawasi jalannya Pemilu ini demi tegaknya demokrasi di bangsa yang kita cintai ini. Mari kita ciptakan Pemilu yang damai, demi damainya bangsa yang kita cintai ini.