Perubahan Kota Kendari setelah vaksinasi

31/10/2021 118

Oleh : Muhammad Shodrin Rahyatmin Manek

Peserta Lomba Jurnalistik Asal SMPN 10 Kendari


LABRITA.ID - Seperti  kita ketahui bahwa pada pandemi Covid  19 pada awalnya menjadi  bahan yang diperbincangkan di Indonesia terutama Kota Kendari. Covid 19 merupakan penyakit menular  yang disebabkan jenis coronavirus.  Virus dan penyakit yang disebabkannya ini tidak dikenal sebelum mulainya wabah di Wuhan Tiongkok bulan Desember 2019. Pandemi covid 19 ini pada awalnya membuat kota Kendari menutup semua akses dan memberhentikan aktivitas masyarakat seperti toko-  toko, mall, sekolah dan pasar. sehingga perekonomian di kota Kendari tidak membaik.

 

Kondisi tersebut membuat seluruh masyarakat harus tetap di rumah agar tidak terjadi penyebaran dan siswa-siswi bersekolah secara daring , baik dari Google Meet, Zoom,  atau aplikasi lainnya.  Tetapi dengan bersekolah secara daring sangat tidak efisien untuk menyamakan proses pembelajaran sekolah offline dengan sekolah online. Karena, bersekolah secara online atau daring membuat siswa-siswi kesusahan untuk mengikuti pembelajaran. Contohnya paket data harus selalu tersedia, mungkin saja siswa- siswi tersebut tidak mempunyai Gadget  dan cara guru menjelaskan tidak lengkap seperti sekolah offline/ tatap muka.

 

Tetapi dengan adanya pemberian vaksinasi secara massal baik dosis pertama maupun kedua, membuat kota Kendari mengalami bentuk perubahan. Vaksinasi Covid 19 merupakan salah satu upaya untuk menurunkan kasus covid-19 . Perubahan tersebut yaitu:

Pertama, semua sekolah sudah dibolehkan untuk melaksanakan tatap muka secara offline walaupun tatap muka terbatas artinya ada pembagian kelas yang dibagi dua sesi

Kedua, masyarakat dibolehkan kan untuk beraktivitas tetapi tetap mengikuti protokol kesehatan.

Ketiga, semua tempat-tempat perdagangan seperti pasar, mall, Lippo dan tempat wisata lainnya juga sudah dibolehkan dengan begitu perekonomian di kota Kendari sudah membaik.

 

Seluruh masyarakat kota Kendari, harus sebisa mungkin untuk selalu mengikuti protokol kesehatan dan kebijakan yang ditetapkan seperti memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan dan social distancing agar pandemi covid 19 cepat berakhir.

Pada saat ini masyarakat sudah mengikuti protokol kesehatan dengan baik dan tidak lalai dalam mengerjakannya. Insya Allah jika masyarakat kota Kendari terus mengikuti dan menerapkan protokol kesehatan kasus covid-19 tidak ada pertambahan dan pandemic cepat berakhir. Sekian dan terima kasih semoga bermanfaat.

Tidak Ada Tag