Sederet Prestasi Kota Kendari pada HUT ke-191

Wali Kota dan Wakil Wali Kota Kendari saat menghadiri Rapat Paripurna di DPRD Kota Kendari. Foto: Diskominfo Kota Kendari.

10/05/2022 365

LABRITA.ID - Wali Kota Kendari, Sulkarnain Kadir memaparkan sederet prestasi daerah yang dipimpinnya dalam Rapat Paripurna di Gedung DPRD Kota Kendari, Senin (9/5/2022).

Pada momen peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-191 Kota Kendari tersebut, Wali Kota Sulkarnain Kadir mengatakan, Kendari pada masa mendatang memiliki tantangan pembangunan yang lebih dinamis mengingat keberagaman kota.

Untuk itu, hingga saat ini Pemkot Kendari di berbagai sektor telah menetapkan prioritas untuk meningkatkan pelayanan publik seperti peningkatan kualitas sumberdaya manusia.

Tak ketinggalan dilakukan pula penataan kota yang berbasis ekologi di samping terus meningkatkan daya saing ekonomi.

Wali Kota Sulkarnain Kadir menyebut, sejumlah prestasi juga telah diraih Pemerintah Kota Kendari mulai dari penghargaan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) yang memperoleh peringkat lima besar nasional.

Penghargaan kinerja Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) predikat B, penghargaan kinerja pelayanan publik wilayah tiga predikat A.

Penghargaan Swasti Saba Wistara untuk Kota Sehat, Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STMB) Award kategori sehat.

Penghargaan kota peduli hak asasi manusia tingkat nasional, penghargaan Kota Layak Anak (KLA) kategori Nindya, penghargaan penggelolaan keuangan yang mendapatkan nilai Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) selama delapan tahun berturut-turut.

Penghargaan kota inovatif, penghargaan Monitoring Center for Prevention (MCP) dari KPK.

“Di tengah capaian tersebut masih banyak yang harus kita upayakan karena pembangunan harus terus berkelanjutan dan tidak akan pernah mencapai finishnya,” jelasnya.

Politisi PKS ini juga menyampaikan apresiasi kepada DPRD Kota Kendari dan Forkopimda atas sinergi dan kekompakan utamanya saat pandemi Covid-19.

“Apa yang kita capai hari ini adalah prestasi yang sudah ditorehkan oleh para pendahulu kita,” ungkapnya.