Solusikan Penyediaan Air Bersih, Pemkot Kendari Gandeng Investor

Suasana Sosialisasi Rencana Kerjasama Pengembangan SPAM di Kota Kendari. (Foto: Sitti Herni/Labrita.Id)

24/06/2019 63

LABRITA.ID - Untuk membenahi kebutuhan air bersih masyarakat, Pemerintah Kota Kendari melalui PDAM Tirta Anoa menggelar sosialisasi rencana kerja sama Pengembangan Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) dengan Badan Usaha Pemetaan dan Kebutuhan Industri.

"Karena pelayanan PDAM di Kota Kendari yang belum berjalan  maksimal maka kami akan melakukan pembenahan dengan menggandeng investor," kata Walikota Kendari, Sulkarnain, di Ruang Pola Kantor Walikota, Kamis (20/6/2019) pagi.

Ia mengungkapkan, permasalahan air di Kendari selama ini meliputi air yang mengalir hanya tiga hari sekali dan bahkan  seminggu sekali, kualitas air yang keruh tidak layak konsumsi, termasuk kebocoran pipa air yang angkanya mencapai 54 persen berdasarkan laporan audit BPKP.

Untuk itu, pihaknya rencana akan menggandeng PT Adhy Karya sebagai langkah mengatasi permasalahan air di Kota Kendari.

"Ini merupakan langkah awal, kami sengaja melakukannya secara terbuka dan transparan agar program ini tidak jalan di tengah kecurigaan nantinya. Sebab ini membutuhkan SDM dan dana yang besar," katanya 

Sementara itu, pihak PT Adhy Karya sendiri telah melakukan survey awal untuk memastikan langsung respon dari masyarakat. 

Laporan: Sitti Herni