Takwir, Putra Sultra yang Masuk Skuad PSM Makassar

Takwir Saat Diperkenalkan PSM Makassar. (Foto: Screenshot Youtube Tivi Daeng Bate)

16/05/2019 1367

LABRITA.ID - Persatuan Sepakbola Makassar (PSM) resmi memperkenalkan 30 pemainnya kepada publik sepakbola, Sabtu (4/5/2019) malam di Makassar.

Dari deretan pemain yang diperkenalkan, terdapat pemain bernomor punggung 55. Ia adalah Takwir, anak Muna yang lahir dan besar di Kendari, Sulawesi Tenggara. 

Pemain yang lahir 1 Januari 1999 merupakan binaan SSB Galasiswa Kendari. Namun, pada 2018 lalu setelah mengikuti seleksi Takwir lolos dan direkrut PSM U-19. 

Pada Januari 2019, Manajemen PSM mempromosikan beberapa pemain U-19 mereka ke level senior. Takwir pun masuk di dalamnya.

Takwir menjalani debutnya saat  Tim Juku Eja mengalahkan Perseru Serui 3-0 di leg kedua Perdelapan Final Piala Indonesia di Stadion Mattoangin pada 20 Februari 2019. 

Baca Juga: Debut Takwir Diapresiasi Pelatih dan Bos PSM Makassar

"Alhamdulillah dimainkan. Senang dan bangga karena diberi kesempatan main walaupun masih banyak yang mesti saya tingkatkan. Insya Allah saya akan kerja keras di sini," kata Takwir kepada Labrita pada 20 Februari 2019.

Terbaru, pemain yang pernah memperkuat Kota Kendari di Porprov Sultra 2018 dan Universitas Halu Oleo di Liga Mahasiswa Piala Kemenpora 2017 ini dimainkan saat bertandang ke markas Lao Toyota (Laos). Ia diturunkan Pelatih Darije Kalezic pada menit ke 77. 

Baca Juga: Debut Takwir di AFC Cup Melawan Klub Laos

Dikarenakan untuk sementara akan lebih banyak di Makassar,anak keempat dari pasangan Hal Ataka (alm) dan Wa Anta ini mengaku cuti kuliah dari Jurusan Jurnalistik Universitas Halu Oleo Kendari.

Pemain yang bisa mengolah bola dengan kedua kakinya ini dikontrak PSM selama setahun. Ia pun mengaku senang.

"Alhamdulillah senang dan bangga karena resmi bermain di PSM. Semoga saya bisa memberikan yang terbaik untuk klub dan terus meningkatkan kemampuan saya," katanya kepada Labrita.Id, Kamis (16/5/2019). 

Atas capaiannya kini, ia tak lupa berterima kasih kepada berbagai sosok yang telah membuatnya seperti sekarang. 

"Terima kasih tak terhingga kepada orang tua dan keluarga yang selalu mendukung hobi saya ini. Juga tak lupa terimakasih kepada pelatih saya di SSB Galasiswa dan UHO," kata Takwir merendah.

Menghadapi Liga 1 yang akan mulai diikuti PSM pada 20 Mei 2019 mendatang, Takwir mengaku tetap berlatih bersama timnya meski di bulan puasa. 

"Kami tetap latihan dengan porsi latihan yang sama tetapi dengan durasi yang lebih pendek," katanya.

Laporan: Didul