Tantangan Salah di Liverpool

Mohammed Salah (Foto: Phil Noble/Reuters)

02/04/2018 1625

LABRITA.ID - Pekan 32 English Premiere League (EPL) menjadikan Mohammed Salah menyamai capaian gol tertinggi pemain Afrika dalam satu musim kompetisi di negeri Ratu Elizabeth itu. Gol Salah ke gawang Crystal Palace menyamai raihan gol yang pernah ditorehkan Didier Drogba.Satu gol itu juga menandai 37 gol Salah di seluruh kompetisi. Keberhasilan yang terbilang luar biasa di musim pertama Salah bersama Liverpool.

Masih ada minimal 8 pertandingan ( 6 di liga dan 2 di perempat final UCL) yang bisa diikuti Salah bila tidak ada halangan berarti. Beberapa gol dan assist bisa saja  dihasilkan Salah pada sejumlah pertandingan tersebut. Berbagai capaian pribadi Salah sebagai seorang penyerang telah dibuktikan dengan baik. Gol dan assistnya di akhir musim akan menjadi bukti.

Butuh beberapa hal lagi agar keberhasilan Salah menjadi sempurna. Pertama adalah menyingkirkan Manchester City pada perempat final Liga Champions. Kemenangan Liverpool atas City akan membuktikan peningkatan yang konsisten dari permainan Tim Juergen Klopp ini. Sampai saat ini City memang dianggap tim terbaik di EPL. Namun, kemenangan Liverpool di UCL akan memperkuat persepsi keunggulan Liverpool atas City di EPL. 

Salah cukup mencetak satu gol saja dari dua  pertandingan perempat final UCL. Keberhasilan Liverpool ke semifinal akan membatasi kesuksesan City merajai sepakbola Inggris di tingkat lokal. Keberhasilan capaian gol Salah juga akan beriringan dengan keberhasilan Liverpool di Eropa. Bisa dibayangkan bila Liverpool berada di semifinal UCL bersama dengan Barcelona, Real Madrid, dan Bayer Munchen.

Kedua, Salah mencetak minimal 20 gol di EPL musim kompetisi 2018/2019. Konsistensi Salah dalam mencetak gol akan diakui dunia sepakbola. Banyak pemain yang hanya menjadi sensasi satu musim. Kegagalan mengembangkan permainan dan teknik mencetak gol menjadi sebab utamanya. Seluruh pelatih dan pemain bertahan akan menganalisis permainan dan teknik mencetak gol Salah. Mourinho dan Ashley Young menjadi sedikit orang yang mampu menghentikan Salah pada musim ini.

Ketiga, Liverpool meraih trophy di musim kompetisi 2018/2019. Keberhasilan Salah akan sempurna ketika mampu memenangi salah satu trofi. Liverpool sudah terlalu lama tak menikmati podium juara. Akan lebih luar biasa bila Salah mampu memenangi EPL yang belum pernah diangkat Liverpool.

Mo Salah... Mo Salah... Mo Salah... La... la... la...
(hz-01)