Teluk Kendari Jadi Nama Kapal Perang TNI Angkatan Laut

Kapal Perang TNI Angkatan Laut yang Diberi Nama KRI Teluk Kendari.

01/04/2021 36

LABRITA.ID - Teluk Kendari yang terletak di Kota Kendari, Sulawesi Tenggara diabadikan menjadi salah satu nama kapal perang milik TNI Angkatan Laut. Kapal perang tersebut bernama Kapal Republik Indonesia (KRI) Teluk Kendari dengan nomor lambung 518.

Komandan Pangkalan TNI AL (Danlanal) Kendari, Kolonel Laut (P) Andike Sry Mutia mengatakan, kapal perang tersebut merupakan produksi buatan Indonesia. Dari 6 unit kapal yang diresmikan, ada dua kapal jenis pengangkut tank, salah satunya bernama KRI Teluk Kendari.

"KRI Teluk Kendari merupakan kapal perang jenis angkut tank dengan nomor lambung 518 dan dapat memuat 14 alat tempur, 24 kendaraan, 600 personel dan satu unit helikopter," kata Andike pada Senin (1/3/2021).

Menurutnya, pemberian nama KRI Teluk Kendari menjadi sebuah kebanggaan bagi masyarakat Sulawesi Tenggara, sehingga orang tak hanya mengenal Jembatan Teluk Kendari (JTK), tetapi juga sebuah kapal perang milik TNI-AL.

"Saat ini Lanal Kendari sedang berkoordinasi dengan Markas Besar Angkatan Laut agar KRI Teluk Kendari dapat berlabuh di Dermaga Lanal Kendari untuk diresmikan serta dilihat warga Sulawesi Tenggara," terangnya.

Untuk diketahui, Kepala Staf Angkatan Laut, Laksmana TNI Yudo Margono telah meresmikan enam kapal perang buatan dalam negeri pada 7 Desember 2020 lalu. Peresmian dilaksanakan di Dermaga Ujung Koarmada II Surabaya dalam perayaan Hari Armada Republik Indonesia ke -75.

"Enam KRI tersebut di antaranya KRI Teluk Kendari dan KRI Teluk Kupang merupakan kapal perang jenis angkut tank. Sedangkan KRI Posepa, KRI Escolar, KRI Karotang, dan KRI Mata Bongsang merupakan KRI jenis patroli cepat," pungkasnya. (on-04)