Wali Kota Kendari Respons Sistem Pengendali Banjir BWS Sulawesi IV

Wali Kota Kendari, Sulkarnain Kadir

28/10/2021 178

LABRITA.ID -  Rancangan sistem pengendali banjir di Kota Kendari yang diinisiasi Balai Wilayah Sungai (BWS) Sulawesi IV mendapat apresiasi dan dukungan dari Wali Kota Sulkarnain Kadir. Ia menyambut baik rencana tersebut sebagai upaya mengatasi banjir di Kota Kendari.

"Kita sudah diskusikan itu. Alhamdulillah beliau (Kepala BWS Sulawesi IV) termasuk yang sangat membantu kita di Kota Kendari, termasuk kolam retensi dan Insya Allah tahun depan desain untuk waduk pengendali banjir yang di Nanga-nanga," terang Wali Kota Sulkarnain Kadir. 

Politisi PKS ini mengaku, Pemkot Kendari sangat terbantu dengan apa yang dilakukan pihak BWS Sulawesi IV. Pada tahun sebelumnya Pemkot Kendari yang menanggung pembebasan lahan milik warga, tetapi untuk pembangunan waduk pengendali banjir sepenuhnya ditanggung BWS Sulawesi IV.

"Syukurnya juga nanti balai yang tanggung pembebasan lahan. Jadi sebelum-sebelumnya  pembangunan itu kita yang beban pembebasan lahan. Ini (nanti) insya Allah ditanggunng oleh BWS Sulawesi IV," terangnya.

"Jadi kita membantu saja advokasinya kepada masyarakat. Supaya masyarakat clear nanti tanah-tanah yang dibebaskan itu. Itu yang menjadi tugas kita dan itu sementara berjalan sekarang," tambahnya. 

Sementara itu, Kepala BWS Sulawesi IV, Haeruddin C Maddi menjelaskan, sistem pengendali banjir Kota Kendari ini diberi nama "Desain Drainase Utama Pengendalian Banjir Kota"

"Untuk sementara ini memang kita masih membantu kota mengendalikan banjir, tetapi saya sudah bicara dengan Pak Wali Kota, mungkin ke depan kita ada semacam MoU," jelasnya.