Wali Kota Kendari Terima Penghargaan dari OJK

Bulan Inklusi Keuangan yang digelar OJK Sultra. Foto: Diskominfo Kota Kendari

25/10/2021 323

LABRITA.ID - Wali Kota Kendari, Sulkarnain Kadir menerima penghargaan dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Sulawesi Tenggara (Sultra) dalam kegiatan Bulan Inklusi Keuangan yang digelar di Kendari Town Square pada Jumat (22/10/2021).

Penghargaan tersebut diterima karena Wali Kota Sulkarnain Kadir dianggap sebagai kepala daerah yang proaktif dalam mendorong percepatan akses keuangan daerah. Program percepatan akses keuangan ini sendiri merupakan komitmen Sulkarnain Kadir dalam upaya membantu pemulihan ekonomi nasional.

"Tentu kita berterima kasih atas apresiasi yang diberikan. Tentu ini motivasi kita untuk mendorong lebih aktif lagi agar inklusi keuangan kita jauh lebih baik," kata Wali Kota Sulkarnain Kadir usai acara di Kendari Town Square.

Wali Kota Sulkarnain Kadir mengurai, salah satu capaian untuk memperoleh target inklusi, Pemkot Kendari telah menerapkan pembayaran non-tunai, utamanya di jajaran pemerintahan yang saat ini telah mencapai 100 persen.

Politisi PKS ini mengungkapkan, pihaknya berencana mendorong pembayaran non-tunai hingga ke tingkat sekolah.

"Tidak lagi ATM fisik, tapi ke depan akan kita dorong ke ATM digital yang semakin memudahkan kita," ucapnya.

Kepala OJK Sultra, Arjaya Dwi Raya mengatakan, berkomitmen untuk mecapai target inklusi sebesar 90 persen hingga tahun 2024.

"Untuk itu kami OJK terus berkomitmen untuk mengoptimalkan peran sebagai katalis ekonomi nasional," katanya.

Arjaya membeberkan, tingkat inklusi keuangan untuk masyarakat Sultra mencapai 65 persen.

"Itu artinya masyarakat telah mendapatkan layanan untuk akses jasa keuangan guna meningkatkan kesejahteraannya," terangnya.

Untuk literasi keuangan sendiri, ia mengungkap telah mencapai 50 persen.

"Artinya sikap masyarakat dalam mengelola keuangan sudah semakin besar di tahun 2021," jelasnya.