Informasi Infrastruktur Kota Kendari Kini dalam Genggaman

Walikota Kendari, Sulkarnain saat memberikan sambutan di acara Dinas PUPR Kota Kendari. (Foto: La Ato/Labrita.Id)

02/07/2019 65

LABRITA.ID - Walikota Kendari, Sulkarnain Kadir kembali meresmikan peluncuran aplikasi digital bernama Jendela Informasi Infrastruktur Kota Kendari, Senin (01/07/2019). 

Baca Juga: Tiga Aplikasi Digital Diluncurkan Pemkot Kendari

"Dengan hadirnya aplikasi ini, informasi infrastruktur di Kota Kendari, baik yang sudah dibangun maupun yang sedang direncanakan akan lebih mudah untuk kita ketahui. Selama ini informasi ke masyarakat terbatas, sehingga terkadang tidak sadar infrastruktur yang mereka keluhkan ternyata sudah dalam tahap perencanaan pemerintah," terang Sulkarnain saat peluncuran aplikasi digital tersebut di Restoran Fajar Kendari.

Ia mengapresiasi program yang diluncurkan melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) tersebut, sebab sejalan dengan visi Kota Kendari yakni sebagai kota layak huni berbasis ekologi, teknologi, dan informasi.

Baca Juga: Dua Pasar Kendari Raih Penghargaan dari Kementerian Perdagangan

Dengan adanya aplikasi ini, informasi pembangunan infrastruktur di Kota Kendari sudah dapat dipantau melalui handphone android. Informasi yang disajikan pun dilengkapi dengan berbagai titik koordinat sehingga jarak tempuh, panjang jalan, bisa dihitung langsung, misalnya sekolah atau bangunan lain, dimana letak dan jarak tempuhnya.

"Yang terpenting lagi dengan aplikasi ini diharapkan dapat menarik investor, sebab investor tertarik mau berinvestasi di suatu daerah kalau informasi di daerah tersebut lengkap dan mudah diakses," katanya.

Baca Juga: Solusikan Penyediaan Air Bersih, Pemkot Kendari Gandeng Investor

Kepala Dinas PUPR Kota Kendari, Erlis Sadya Kencana, mengungkapkan untuk sementara aplikasi ini baru dapat menyajikan informasi infrastruktur terkait dengan dinas perhubungan, pendidikan, kesehatan, pertanian, kominfo Kota Kendari. Namun pihaknya berkomitmen untuk terus mengembangkan aplikasi ini.

"Ke depan akan kita kembangkan terus, sehingga informasi infrastruktur seluruh OPD dapat diakses melalui aplikasi ini," katanya.

Aplikasi Jendela Informasi Infrastruktur ini sendiri nantinya dapat diakses melalui geoportal.kendarikota.go.id. Namun, Erlis mengungkapkan portal tersebut sedang mengalami gangguan di pusat sehingga sedang disiapkan link alternatif.

Sebelumnya pada awal Januari 2019 lalu, Sulkarnain juga meresmikan peluncurkan tiga aplikasi digital untuk informasi dan pelayanan Kota Kendari. Ketiga aplikasi tersebut yakni Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit (SIM-RS), E-SPPD, dan website Pemerintah Kota Kendari.

Laporan: La Ato