Jelang Idul Adha, Karantina Pertanian Kendari Siaga di Tiga Titik

Petugas Karantina Pertanian Kendari Saat Memeriksa Kesehatan Sapi

03/07/2020 68

LABRITA.ID – Jelang Idul Adha 2020 jatuh pada 31 Juli, Karantina Pertanian Kendari meningkatkan kesiagaan pemeriksaan terhadap sapi yang dilalulintaskan di wilayah Sulawesi Tenggara. Hal ini dilakukan guna memastikan kesehatan sapi untuk kebutuhan hari raya Idul Adha.

Kepala Karantina Pertanian  Kendari, Prayatno Ginting menyebutkan ada tiga lokasi  di Sultra yang menjadi pintu pengeluaran sapi yang ditetapkan, yakni Raha, Kolaka, dan Tobaku.

Baca Juga: Badan Karantina Pertanian Awasi 11 Bahan Pangan Pokok

"Selain petugas, laboratorium karantina pun telah kami siagakan sebagai pemeriksaan lanjutan setelah pemeriksaan kondisi fisik sapi," kata Prayatno dalam rilis yang diterima Labrita.Id, Kamis (2/7/2020).

Untuk mendukung kerja Karantina Pertanian Kendari mengawasi lalu lintas sapi, Prayatno mengungkapkan pihaknya telah dilengkapi laboratorium karantina hewan sejak tahun 2014. Laboratorium ini sendiri telah terakreditasi oleh KAN sebagai laboratorium uji untuk RBT dan 2019 untuk uji ulas darah. 

Baca Juga: Beras Sultra Dikirim ke Berbagai Daerah di Indonesia

Nantinya di laboratorium ini, metode uji yang digunakan adalah untuk mastikan hewan ternak bebas dari penyakit Brucelosis dan Trupanisomasis.

Prayatno juga mengungkap, dari data pada sistem perkarantinaan, IQFast di wilayah kerjanya selama tiga bulan terakhir dengan tujuan Sulawesi Selatan (Sulsel) dan Kalimantan Tengah (Kalteng) sebanyak 276 ekor.

Baca Juga: Kementan Dukung Peningkatan Hasil Pertanian di Sultra

“Jumlah ini diprediksi akan terus bertambah, seiring dengan makin mendekatnya pelaksanaan Hari Raya Iduladha," tambah Ginting. (il-02)