Surunuddin, Pemimpin yang Menentukan Kemajuan Daerahnya

Bupati Konawe Selatan, Surunuddin Dangga.

24/01/2018 1781

LABRITA.ID - Dengan keyakinan yang kuat, Surunuddin Dangga mengikuti Pilkada Konawe Selatan (Konsel) pada 2015 lalu. Hal tersebut semakin dikuatkan ketika berhadapan dengan masyarakat. Meski demikian, tak sedikit pula masyarakat dan pimpinan partai politik yang meragukannya. Mengingat ini gelaran pilkada ketujuh yang diikutinya. Seluruh pilkada sebelumnya berakhir dengan kekalahan.

Menghadapi kekuatan raksasa yang terlibat di Pilkada Konsel, Surunuddin mengajak Arsalim untuk menjadi wakilnya. Berbagai survei, tak menempatkan Surunuddin sebagai unggulan. Kecerdikannya melihat kekuatan politik, berhasil menaklukan kompetisi pilkada paling keras di Sultra saat itu.Pada 23 Februari 2016, keduanya dilantik resmi Mendagri sebagai Bupati dan Wakil Bupati Konsel di Jakarta. 

Sejak saat itu, Surunudin yang berlatar belakang pengusaha dan Arsalim berlatar belakang birokrat bekerja keras saling melengkapi. Infrastruktur dan pembinaan aparatur negara  menjadi perhatian utama mereka. Tak heran WTP berhasil diraih pada tahun 2016 lalu. Beberapa penghargaan dari pemerintah pusat pun diperoleh Pemda Konsel.

Capaian lain mereka yakni turunnya indeks kemiskinan Konsel dari 13 persen menjadi 8 persen. Prestasi ini bukanlah sesuatu yang terjadi dengan sendiri, tetapi kerjasama antara aparat pemerintah daerah dan masyarakat Konsel sendiri. Surunudin bahkan membandingkan daerah yang dipimpinnya dengan Kabupaten Konawe yang merupakan induk dari Kabupaten Konsel yang memiliki indeks kemiskinan terbesar di Sultra yaitu 18%. 

Surunudin kemudian menyimpulkan bahwa kemiskinan di suatu daerah disebabkan kepemimpinan yang lemah karena tidak mendorong aparat pemda dan tidak mengayomi masyarakat. Masyarakat butuh keteladanan dari kepala daerah untuk bekerja keras mengentaskan kemiskinan. "Jangan salah pilih pemimpin kalau ingin maju," kata Surunuddin saat bersilaturahmi dengan warga Wonggeduku Barat akhir Desember 2017 lalu. (hz-01).