JaDI Deklarasi di Sultra

Saat Deklarasi JaDI di Sultra. (Foto: La Ato/Labrita.Id)

21/02/2019 424

LABRITA. ID — Jaringan Demokrasi Indonesia (JaDI) Sulawesi Tenggara resmi dideklarasikan di Swissbel Hotel Kendari, Rabu (20/2/2019).

Presidium JaDI Sultra, Hidayatullah mengungkapkan lembaga ini diinisiasi para mantan penyelenggara pemilu baik KPU maupun Bawaslu.

Secara nasional lembaga ini berdiri sejak 14 Agustus 2018 di Jakarta. Untuk di Sultra sendiri baru terealisasi tahun ini.

"Untuk mengonsolidasi orang-orang yang pernah menjadi penyelenggara pemilu dari tahun 1999 sampai 2014 membutuhkan waktu yang cukup lama. Kami harus mencari dan mengumpulkan mereka satu persatu," terang Mantan Ketua KPU Sultra ini.

Dikatakan Hidayatullah, hadirnya JaDI diharapkan dapat membantu penyelenggara pemilu, baik KPU maupun Bawaslu dalam menjalankan tugasnya.

"Karena kita tahu bersama bahwa pemilu tahun ini merupakan pemilu yang paling rumit," kata Dayat (sapaan akrab Hidayatullah).

Selain itu, Dayat mengaku JaDI tak hanya fokus pada isu terkait dengan pemilu. Namun juga pada penegakan HAM, masalah lingkungan, serta pembangunan berkelanjutan.

Dalam deklarasi ini turut hadir Presidium Nasional JaDI, Juri Ardiantoro yang pernah menjabat Ketua KPU RI menggantikan Husni Kamil Manik.

Laporan: La Ato