PPS Wajo Lantik KPPS di Wilayahnya

Ketua PPS Wajo, Risca Oktalin, saat melantik KPPS di wilayahnya. (Foto: Asrul/labrita.id)

08/06/2018 735

LABRITA.ID - Panitia Pemungutan Suara (PPS) Kelurahan Wajo melantik 49 orang sebagai Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) di wilayahnya, Selasa (5/6/2018) sore di Aula Kantor Kelurahan Wajo.

"Kegiatan (pelantikan) ini dilaksanakan sebagai bentuk amanat undang-undang dalam rangka menyukseskan pelaksanaan pemilihan kepala daerah yang digelar serentak 27 Juni 2018 nanti," terang Ketua PPS Kelurahan Wajo, Risca Oktalin dalam rilisnya kepada labrita.id.

Menurut Risca, peran KPPS sangatlah penting dikarenakan mereka nantinya yang akan bekerja melaksanakan kegiatan pemungutan dan penghitungan suara di tempat pemungutan suara (TPS). 

"Di Kelurahan Wajo sendiri ada 7 TPS yang akan dipakai nantinya. Setiap TPS akan diisi 1 Ketua dan 6 anggota KPPS," jelasnya.

Risca juga menegaskan bahwa mereka yang telah terpilih menjadi KPPS sebelumnya sudah mengikuti tahapan seleksi administrasi dan wawancara. "Maka dari itu, yang terpilih ini adalah mereka yang memiliki kualitas dan siap untuk bekerja," tegasnya.

Ia juga menekankan anggotanya agar tak tergiur dengan godaan dari berbagai oknum yang ingin melakukan hal-hal yang tidak sesuai dengan aturan. "Ingat kita ini sudah disumpah untuk menjalankan tugas dengan sebaik-baiknya," katanya.

Sementara itu Lurah Wajo, Jalaludin, dalam sambutannya mengapresiasi kinerja PPS Kelurahan Wajo. Ia berhaarap KPPS yang telah dikukuhkan dapat bekerja dengan baik dan penuh tanggung jawab. 

"Jalankanlah amanah ini sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku," pesannya.

Selain Lurah Wajo, turuh hadir dalam kegiatan yang dirangkaikan buka puasa tersebut PPK Kecamatan Murhum, Panwas Kecamatan Murhum, dan Babinsa.

Berdasarkan aturan, KPPS ini memang diangkat dan diberhentikan oleh PPS atas nama Ketua komisi Pemilihan Umum setempat. KPPS ini sendiri akan bertugas menyukseskan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sultra serta Walikota dan Wakil Walikota Baubau. **