Klopp Mesti Lakukan Ini Untuk Pengembangan Liverpool (2)

Jurgen Klopp (Foto: skysports.com)

14/08/2019 5

LABRITA.ID - Liverpool tak terlihat aktif mendekati pemain top yang tersedia di bursa transfer kali ini. Sempat muncul isu kepulangan Coutinho dan tawaran kepada Oesman Dembele, tetapi lenyap setelah dibantah langsung Klopp. Ia mengomentari berbagai isu transfer Liverpool dengan pernyataan elegan. 

"Transfer ini bukan tentang pemain tertentu, mungkin saya menyukai pemain tersebut. Tapi Anda harus menciptakan tim, bukan koleksi pemain terbaik secara individu. Pemain harus bisa bekerja sama," jelas Klopp.

Promosi Pemain Muda
Transfer musim panas ini, Liverpool melepas striker Daniel Sturidge. Posisi mantan pemain Chelsea ini adalah cadangan kedua setelah Divock Origi. Origi sendiri telah memperpanjang kontrak pasca golnya di final UCL. Untuk menggantikan Sturidge, Klopp lebih cenderung mempromosikan pemain muda Rhian Brewster, Bobby Duncan, Harvey Elliot, dan Ryan Kent. Bahkan Harry Wilson menciptakan gol sensasional melawan Lyon di pra-musim.

Baca Juga: Klopp Mesti Lakukan Ini Untuk Pengembangan Liverpool

Untuk lini pertahanan, Liverpool juga melepas Alberto Moreno. Nathaniel Clyne cedera pada pertandingan pra musim. Tapi keduanya adalah pemain cadangan. Andi Robertson dan Trent Alexander-Arnold tetap menguasai kedua posisi full back. Pemain muda Yasser Larouci dan Adam Lewis juga bisa dipromosikan sebagai cadangan kedua.

Untuk central back, Liverpool punya tiga pemain top  yaitu Virgil van Dijk, Joel Matip, dan Joe Gomes. Cadangannya pun bukan sembarang pemain yaitu Dejan Lovren. Lovren bermain di final piala Eropa 2018 bersama Timnas Kroasia saat dikalahkan Perancis. Klopp akan memberikan banyak kesempatan kepada pemain muda Ki Jana Hoever dan rekrutmen baru Sepp van Den Berg.

Kiper utama mereka, Alisson Becker langsung sukses pada musim pertamanya. Setelah ditransfer dari AS Roma, Alisson menunjukan kualitas permainan yang mumpuni. Sarung tangan emas EPL dan UCL diraihnya dengan meyakinkan. Alisson mampu beradaptasi dengan baik di Liverpool. Pra musim ini, Klopp memainkan Vitezslav Jaros di babak kedua melawan Tranmere Rovers. Pemusatan latihan di Evian, Klopp membawa kiper muda, Jakub Ojrzynski.

Keikutsertaan para pemain muda pada pra musim kali ini memiliki makna yang berbeda. Dilepasnya 2 pemain senior dan belum ada rekrutmen pemain top memberikan kesempatan mereka untuk tampil lebih sering di pertandingan besar. Peningkatan kualitas pemain muda akan membuat permainan Liverpool tidak timpang.

Baca Juga: Yang Perlu Dilakukan Liverpool Menghadapi Musim Depan (bagian satu)

Kendala yang mungkin dihadapi adalah waktu proses pemain muda beradaptasi dengan sistem permainan tim utama. Selama pra musim, Klopp terlihat memberikan kesempatan beberapa pemain muda. Bahkan pemain baru ditransfer, Harvey Elliot langsung turun bertanding pra musim melawan  Napoli. Masalahnya adalah kecepatan perkembangan pemain muda Liverpool mengimbangi pemain utama dengan target menjadi juara EPL musim 2019/2020.
 
Rekrutmen Pemain Potensial
Harga transfer pemain yang terus meroket dan biaya agen yang sulit dikendalikan membuat banyak klub memalingkan wajah mencari pemain muda potensial. Beberapa klub besar melakukan rekrutmen pemain muda. Ajax adalah klub yang merekrut pemain muda potensial dan melatihnya untuk masuk tim utama. Di Inggris, Chelsea termasuk klub yang sering merekrut pemain muda dan meminjamkannya ke klub lain untuk mendapatkan kesempatan bermain.
 

Penulis: Rizal