Klopp Mesti Lakukan Ini Untuk Pengembangan Liverpool (I)

Jurgen Klopp (Foto: skysports.com)

14/08/2019 86

LABRITA.ID - Banyak pandit sepakbola yang memprediksi Liverpool akan agresif pada jeda transfer musim panas ini. Sejak Klopp menukangi Tim "Merah" ini, jeda musim panas selalu diramaikan dengan rekrutmen besar. Mane menjadi pembelian besar gelombang pertama. Mo Salah merupakan pembelian sukses gelombang rekrutmen kedua Klopp. Awal musim 2018/2019, Alisson Becker menjadi pembelian besar Liverpool. Hanya Virgil van Dijk yang dibeli pada jeda musim dingin kedua.

Baca Juga: Yang Perlu Dilakukan Liverpool Menghadapi Musim Depan (bagian satu)

Perkembangan Liverpool berjalan setahap demi setahap. Dalam dua musim terakhir Liverpool mampu tampil dua kali beruntun di final UEFA Champions League dan terakhir menjadi yang terbaik. Setelah perayaan juara Eropa, Klopp dan seluruh punggawa Liverpool bertekad merebut juara Liga Inggris. Liverpool belum pernah meraih juara kompetisi tertinggi Liga Inggris dalam 29 tahun terakhir. Musim lalu, Liverpool tertinggal hanya 1 poin dari Menchester City yang dinahkodai Pep Guardiola. 

Agar Liverpool Menaklukan Liga Inggris Musim 2019/2020

Mempertahankan Para Pemain Pembeda
Klopp memberikan gambaran jelas yakni mempertahankan pemain utama sama pentingnya dengan merekrut pemain top. Masalah Liverpool selama ini adalah beberapa pemain spesialnya hengkang ke klub lain. Fernando Torres hijrah ke Chelsea, Suarez dan Coutinho memilih ke Barcelona, serta Sterling berlabuh di Manchester City. Gaji dan trophy adalah alasan yang selalu disampaikan ketika ingin pindah.

Baca Juga: Yang Perlu Dilakukan Liverpool Menghadapi Musim Depan (bagian dua)

Liverpool sudah juara Liga Champion Eropa, kompetisi tertinggi di Benua Biru. Selain itu juga, mereka memperpanjang kontrak dan menaikkan gaji trio lini depannya. Liverpool dalam posisi kuat berhadapan dengan klub peminat Salah, Firmino, dan Mane. Robertson dan Alexander-Arnold  pun sudah menandatangani kontrak baru. Musim depan Van Dijk akan mendapatkan kontrak baru.

Di lapangan tengah, Milner belum terlihat akan dipertahankan mengingat usianya menjelang 34 tahun. Henderson, Sang Kapten tentu terus dipertahankan mengingat etos kerja dan spiritnya mampu menginspirasi tim. Seperti saat mereka menaklukan Barcelona di semifinal UCL pada musim lalu. Keita dan Fabinho yang direkrut awal tahun lalu sudah menunjukan kinerja dan kerjasama yang bagus. Alisson Becker yang datang bersamaan dengan Keita dan Fabinho bahkan sudah menyapu sekaligus sarung tangan emas EPL dan UCL 2018/2019.

Baca Juga: Perlawanan Jurgen Klopp

Peningkatan Kualitas dan Persaingan Tim Utama 
Untuk tim utama, Liverpool kedatangan Chamberlain yang baru sembuh dari cedera panjang. Musim lalu, Chambo hanya bermain pada 4 pertandingan terakhir Liga. Padahal, mantan pemain Arsenal ini sempat mengunci posisi utama lini tengah The Reds sebelum cedera di semifinal Liga Champion 2017/2018. Kehadirannya setelah setahun cedera seperti rekrutmen pemain baru di tim utama Merseyside ini.

Baca Juga: Klopp Mesti Lakukan Ini Untuk Pengembangan Liverpool (2)

Baca Juga: Klopp Mesti Lakukan Ini Untuk Pengembangan Liverpool (3)

Penulis: Rizal