Kriteria Calon yang Didukung PKS di Pilkada Muna 2020

Pengurus DPD PKS Muna Saat Menyambut Salah Satu Bakal Calon Bupati Muna Mendaftar. (Foto: Akun FB Jafaruddin Joff)

01/12/2019 244

LABRITA.ID - Partai Keadilan Sejahtera (PKS) memiliki 2 kursi di DPRD Muna periode 2019-2024. Dengan modal tersebut PKS Muna optimis menatap Pilkada Serentak 2020 yang bakal digelar 23 September 2020.

Dengan raihan 2 kursi, sejumlah calon yang mewacanakan diri tampil di Pilkada Muna 2020 sudah mendaftarkan diri di PKS. Tercatat L.M. Rusman Emba, L.M. Rajiun Tumada, dan Syarifuddin Udu telah mendaftar.

Baca Juga: PKS Siap Tarung di Tiga Daerah Sultra Pada Pilkada 2020

Ketua DPD PKS Muna, Jafaruddin kepada Labrita.Id mengaku partainya telah menentukan kriteria calon yang bakal didukungnya di Pilkada Muna. Setidaknya lima kriteria yang ditetapkan PKS Muna.

Jafaruddin mengurai, kelima kriteria tersebut berkaitan dengan kapasitas calon dalam visi dan misinya membangun kabupaten Muna. Elektabilitas calon juga jadi pertimbangan PKS Muna untuk mendukung calon.

Selain itu, kemampuan finansial calon juga masuk dalam hitungan PKS. Menurut, Jafaruddin kriteria ini juga dianggap penting sebagai operasional dalam menjalani tahapan pilkada.

Selanjutnya calon yang bakal didukung mesti memiliki komitmen membesarkan PKS di Muna. PKS juga mencoba menawarkan kadernya sebagai wakil kepada para bakal calon bupati yang mendaftar.

Baca Juga: PKS Siapkan La Pili di Pilkada Muna 2020

Sejumlah kriteria tersebut dianggap Jafaruddin wajar mengingat PKS memiliki suara yang ril dan mesin politik yang militan di lapangan.

"Sejumlah kriteria tersebut kami anggap realistis. Dengan raihan suara di pilcaleg kemarin dan kemampuan mesin politik partai, kami tentu memiliki nilai jual tersendiri kepada para kandidat yang mendaftar," terang pria yang akrab disapa Joff ini.

Laporan: Ornalis