PKS Siap Tarung di Tiga Daerah Sultra Pada Pilkada 2020

Bakal Calon Wakil Bupati Muna, La Pili (memakai songkok) Saat Presentasi di Hadapan Pengurus DPW PKS Sultra. (Foto: Akun FB Jafaruddin Joff/Labrita.Id)

01/12/2019 243

LABRITA.ID - Partai Keadilan Sejahtera (PKS) siap bertarung dalam Pilkada Serentak 2020 yang juga bakal di gelar di tujuh daerah di Sulawesi Tenggara. Hal tersebut disampaikan Sekretaris Umum DPW PKS Sultra, La Ode Muh. Dasnah kepada Labrita.Id beberapa waktu lalu.

Dasnah mengaku, untuk mempersiapkan hal tersebut partainya telah melakukan rapat koordinasi yang salah satu titik tekannya persiapan yang akan dilakukan dalam menghadapi pilkada 2020.

Baca Juga: Kriteria Calon yang Didukung PKS di Pilkada Muna 2020

"Persiapan  struktur partai dan kader, utamanya yang memiliki keinginan untuk maju sebagai bakal calon kepala daerah, baik itu sebagai 01 ataupun 02," ungkap Dasnah.

Dari 7 daerah, Dasnah mengaku PKS telah siap untuk bertarung di tiga daerah. Daerah tersebut yakni Muna, Konawe Selatan, dan Kolaka Timur.

Di tiga daerah tersebut, DPW PKS mengidentifikasi nama La Pili di Muna, Rasyid di Konawe Selatan, dan Baharuddin di Kolaka Timur.

"Nama-nama ini sudah mulai bersosialisasi dan mewacanakan dirinya untuk tampil di pilkada nanti," terang Dasnah.

Kendati demikian, Ia mengatakan bahwa dari internal partai sendiri belum memastikan atau memutuskan apakah tiga kader tersebut akan betul-betul didorong untuk maju.

"Tiga nama ini baru menjadi wacana publik dan disebut-sebut di masyarakat. Kelanjutannya nanti akan dibicarakan melalui mekanisme yang ada, dan mereka ini akan kita hadirkan dulu di struktur partai untuk memastikan kesiapannya," papar Dasnah.

Untuk kepastian apakah tiga kader ini akan tampil sebagai 01 atau 02, partainya belum bisa memastikan. Menurutnya peluang untuk keduanya masih terbuka, entah itu sebagai 01 ataupun 02.

Baca Juga: PKS Siapkan La Pili di Pilkada Muna 2020

"Ini kan masih dalam tahapan penjajakan masing-masing tokoh politik yang bersangkutan. Masih cukup banyak proses yang harus dilewati, terutama komunikasi di antara partai politik juga para bakal calon yang semakin serius untuk maju," tutup Dasnah.

Untuk diketahui, PKS di Muna memiliki 2 kursi. PKS butuh berkoalisi dengan tambahan 4 kursi untuk dapat mengusung calon. Di Konsel PKS hanya punya 1 kursi, perlu tambahan 5 kursi untuk dapat mengajukan calon. Di Koltim PKS punya 3 kursi, butuh 2 kursi untuk bisa mendaftarkan calon di KPU.

Laporan: La Ato